Langsung ke konten utama

Lifebook - Kurikulum lengkap gaya Mr.J bangett

Suatu ketika, Mr.J mengundang kepada beberapa dari admin mudaNya untuk membicarakan suatu hal yang penting. Mr.J berinisiatif untuk memberikan sejumlah paket pertumbuhan positif bagi semua kawula muda yang mau belajar berkembang dalam kerohanian mereka. Pesan yang mau disampaikan adalah, bagaimana kawula muda dengan semangat enerjik mereka, dapat membawa kreatifitas ke level terbaik namun tidak kebablasan. Mereka tetap mengandalkan Tuhan dalam semua tindakan bombastis mereka.

Nah, kali ini Lisa mendapatkan tugas untuk melakukan registrasi, Joni mengurus pengaturan fitur Lifebook. Berikut diskusi mereka bertiga :

Mr.J : "Anak-anak, mari kita mengundang kawula muda untuk ikut sekolah Kehidupan dimana mereka semua dapat belajar berbagi hal dalam hidup mereka sesuai kurikulum saya nih" 

Lisa :  "Wah kurikulum, berasa kayak anak mahasiswa lagiii nih Mr.J"

Mr. J : " yes Lisa, kamu bener banget deh. Tapi jangan salah, ini bukan sekedar anak mahasiswa, karena kalian semau sekarang sudah naik status "

Lisa : " Wah, ada yang lebih tinggi.. ?! Apaan tuh Mr.J "

Mr.J : " Rasul awam hahahaha"

Lisa : " Duuuh.. beraat hahahaha"

Mr. J : " Semua orang yang mau mengikut Aku, secara otomatis menjadi rasul awam bagi sesama, di dalam lingkungan Gereja dan diluar sana, bagi orang-orang yang belum mengenal Tuhan"

Lisa : " Beuh mantap2.. " 

Joni  is active now...

Joni : "Pagi semua!! Mr. J, gue udah siapin nihh  yang diminta" 

Lisa : "Jon!! koq baru nongol.. telat bangun yaah " 

Joni : "Enak ajee. hahaha.. nggak donk. Ini dapat tugas dari Mr. J terkait dengan kurikulum barunya"

Lisa : "Woh, Anak IT memang dibutuhkan banget ya ngurus2 ginian..."

Joni : " OK, bisa dijelaskan skrang kah ? "

Mr.J : "Thanks Jon, silahkan ... "

Joni : " OKKKK, jadi sekarang, Lifebook meluncurkan sebuah perintah sederhana yang kalau diklik bisa mengarahkan orang-orang masuk group tertentu secara otomatis. Fitur ini disebutnya /LifeGroup . Dengan membubuhkan tanda / didepan, kita bisa menggunakan fasilitas bot untuk mengatur kelompok - kelompok berdasarkan kurikulum.

Mr.J : "Wah emang ini yang Aku butuhkan. " 

Joni : "Jadi... ada berapa Group sih Mr.J yang mo dibuat ?"

Mr.J : "Yah, sebenarnya cara kerjanya cukup sederhana... Lisa bertugas untuk melakukan registrasi ujud doa dari para kawula muda. Caranya ? tampung isi doa mereka yang akan Saya share... misalkan : "Mr.J, pengen belajar sabar" , "Mr. J, minta jodoh donkkk... ", "Mr.J, minta doa supaya mama papa rukun selalu ", "Mr.J , minta supaya kerjaan baguuss" dst.. daftarnya bisa sangat panjang tetapi kurang lebih semua permintaan mereka tolong dikelompokkan."

Lisa : "Mungkin sesuai dengan bidang fokus kehidupan yaaa : "Kehidupan Keluarga", "Jodoh", "Karir, Keuangan, Pekerjaan", "Kesehatan", "Pelayanan Rohani", "Perkembangan Kepribadian"  ?"

Mr.J : "Sementara itu cukup baik.. jadi kalau sudah melakukan ini semua, Aku secara otomatis akan memasukkan buat mereka materi kehidupan yang pass.. "
Joni : "Fitur bot /LifeGroup siap dipakai bwt smua yang di atur Lisa"

Mr.J : "Okay, baik, mari kita temui kawula muda ... " 

Setelah pertemuan singkat itu, Lisa membuat broadcast bagi para kawula muda untuk bersiap melakukan Webinar dengan Mr. J. Antusias para kawula muda pun membludak sampai - sampai group menjadi sangat penuh hanya dalam beberapa saat. 

Mr. J : "Damai sejahtera bagi kalian semua "  (ribuan like segera menghiasi pesan ini).



Mr. J : "Aku hadir untuk menjawab antusiasme kalian semua. Saat ini, ada banyak sekali kelompok kawula muda yang mengirimkan doa - doa dan intensi pribadi untuk berbagai macam hal. Satu hal yang pasti, followers Mr.J makin bertambah dari waktu ke waktu, dan itu sangat membahagiakan.

Untuk itu, sekarang sebenarnya suatu program kuno yang sudah berjalan sepanjang waktu... dibuka kembali dengan kemasan yang baru hahahaha... Apakah itu ? Mirip banget dengan kalian kuliah, yaitu kalian belajar kurikulum, dan kalian bisa memilih mata kuliah yang kalian suka, kalian berusaha sampai lulus dan bila kalian gagal, kalian bisa ngulang. 

Untuk penjelasan lebih lanjut, Saya persilahkan Lisa dan Joni untuk menjelaskan semuanya ... " 

Lisa : " Thank u Mr. J. Okay, teman2 kece... jadii saat ini kita semua mau menjadi followers of Mr.J yang militan dan baik. Beberapa diantara kalian serius banget mo jadi baik, yang lain so-so , mau nyoba doank, it's okay. Pun bagi kalian yang saat ini idupnya lagi berantakan banget, welcomed banget buat join!! Why? Karena inilah cara Mr. J nunjukkin kehendak dan jalanNya sekaligus ngejawab doa- doa kalian yang bejibun abiiis"

Kabar baik buat kalian, setiap doa - doa yang kalian panjatkan ke Mr.J akan ditangkap disini, dan kalian akan diberikan kurikulum yang sesuai dengan permohonan kalian. Kadang-kadang, Mr. J bisa berikan bonus pelajaran tambahan buat kalian - kalian, bila dirasa perluuu.  Next, teknis dari Joniii yaa."

Joni : " Sip Lisa.. Nah teman2 , sekarang kalian yang mendaftar di Lisa, akan mendapatkan sebuah notifikasi otomatis yang terhubung ke comment kalian. Sistem canggih ala Lifebook sudah terprogram untuk mendeteksi kurikulum apa yang cocok dengan kalian dan darii situ, kalian akan masuk ke Group mata kuliah yang sesuai. " 

Joni : " How it works ? Misalkan giniii.. si Timo berdoa : "Tuhan, hari ini ane pengen kurus!! ane pengen jadi sekece Jonathan Christie, atlet Bulutangkis ituu lhooo " 

muncul pesan ...

LifeSystem : /LifeGroup Kesehatan
LifeSystem : Timo masuk dalam mode group /LifeGroup Kesehatan

Joni : "Nah ditahap ini, Timo akan menerima banyak pelajaran dihidupnya terkait dengan kesehatan. Mr. J dengan rahmatNya akan mendukung supaya Timo bisa kurus. Nggak berapa lama bisa aja ada seorang teman yang ngajak Timo, yuk ikutan olah raga... atau Timo berinisiatif bwt ngurangin pola makannya dst... " 

Joni : "Nah kalau misalkan diet ala Timo itu nggak sehat, bisa smpe sakit. Timo gagal dalam program dietnya dan dia bisa mencoba lagi dan lagi...

Kadang - kadang, kalian bosen nih, fokus hidup kalian nggak mau soal kesehatan melulu. Tau2 si Timo skrng waktunya sibuuk banget jadi nggak bisa olahraga. Dia harus fokus buat kerjaan baru, jadi si Timo berdoa ke Mr.J supaya dia bisa jalanin karier yang bagus tpi bisa tetap sehat juga " 

Joni : " Adjustment dari Mr.J bisa muncul. Timo diberkati jadi punya waktu sepulang kerja bisa ikutan olahraga fitness  bareng teman2 kerjanya... , kira2 gitu."

Bima : "Jon - jon, nanya donk.. misalkan mau belajar Sabar, berarti gimana tuh ? "

Joni : " Ntar lu masuk pelajaran tentang kesabaran Bim... ntar sih biasanya dapat tantangan untuk kesabaran. Katakanlah ada orang yang ktmu lu trus harus berlatih kesabaran hahaha"

Bima : "Wooow... oh gitu. "

Mr. J : " Ini semua adalah fokus hidup kalian. Kalian semua punya fokus mau ngapain, tapi kalian sekarang melalui doa kalian, terkait langsung dalam program kurikulum kehidupan yang Ku susun. Silahkan kalian bereksplorasi, membuat rencana ini itu, tetapi dalam kurikulum ini.. semua sesuai kehendak-Ku, karena Akulah yang mempunyai rencana terbaik buat kalian. "

Ada orang - orang yang dapat lulus dengna baik dalam hal tertentu, kemudian mereka akan mendapatkan upah dan tanggung jawab lebih besar lagi. Demikianlah, kalian semua harus berusaha sebaik-baiknya meningkatkan kualitas hidup kalian sampai lulus. Untuk Permenungan : Luk 19:12-17

Sejak saat itu, semua anak muda yang berdoa kepada Tuhan menyadari bahwa hidup mereka segera berada dalam lingkup rencanaNya yang indah. Mereka yang meminta kesabaran diberikan hal - hal supaya mereka bisa belajar bersabar, dan mereka yang meminta tanggung jawab lebih diberikan kesempatan untuk menunaikan variasi tugas lebih beragam. 

Apapun pilihan kita, jika kita berpasrah kepada kehendakNya, Tuhan akan membentuk hidup kita menjadi sangat indah. Rancangan Tuhan adalah rancangan yang luar biasa baik. Marilah kita semua berlaku setia, dan cinta Yesus setiap saat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sketsa Nurani - Ilustrasi Kasih : Pohon Kehidupan

1 Yohanes 4:16. Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia. Darimanakah datangnya semua kebaikan itu ? Apa sih sifat utama dan pertama yang paling kuat diantara semua kebaikan. Jawabannya adalah Cinta Kasih . Ya, Cinta Kasih ini adalah salah satu ajaran dan bentuk penghayatan paling menonjol dan kental dari Gereja Katolik. Gereja Katolik dalam semangat kasih itu, mampu menjadi tempat perlindungan bagi orang miskin, telanjang, melarat, tak punya tempat tinggal, tak punya makanan yang cukup dan yang sakit. Secara mendunia, perhatian dimulai dari seorang individu sampai permasalahan sebuah bangsa dan negara yang berdaulat. Semuanya dilihat dari sudut pandang Cinta Kasih. Demikianlah, mengapa kasih bisa begitu indah ? karena Allah adalah Kasih . Didalam dan melalui Allahlah, manusia bisa peduli kepada sesama dan memiliki kekuatan untuk b

Pengenalan Kitab Suci - Iman bapa bangsa Israel (Bagian 1)

Pengenalan Kitab Suci - Iman Bapa Bangsa Israel (Bagian 1)  Abraham , Bapa Orang Beriman Pengantar Sejarah keselamatan umat manusia tidak lepas dari sejarah bangsa Israel, dimana Allah sendiri yang membentuk bangsa ini, dimulai dari satu orang yaitu Abraham. Kisah tentang pembentukan leluhur bangsa Israel bisa kita lihat dari Kejadian 12 - 50.  Pada bagian ini, kita sama - sama mau belajar dari iman para bapa bangsa Israel yaitu Abraham, Ishak, Yakub yang mencakup bagian ke - 2 dari kitab Kejadian. Tulisan - tulisan ini akan dibagi menjadi 3 bagian yaitu Iman Abraham (Bagian 1), Iman Yakub (Bagian 2) dan Iman Yusuf  (Bagian 3) yang berakhir ketika keluarga Israel menetap di Mesir. Bagian pertama ini, kita mau sama - sama belajar melihat proses jatuh bangun yang dialami oleh Abraham dan pertumbuhan imannya sehingga dia dan keturunannya mendapatkan berkat dari Tuhan.  Kisah Abraham, bapa para bangsa (Kej 12:1 - Kej 25:11) 1. Abram dipanggil Allah  Abram berasal dari Ur-kasdim, mengalami

Sletsa Iman - Tentang Kesesatan

Sketsa Iman, 30 September 2018 Bacaan 1 : Bil 11:25-29 Bacaan 2 : Yak 5:1-6 Bacaan Injil : Mrk 9:38-43,45,47-48 Ulasan Kitab Suci :  Seorang yang bukan murid Yesus mengusir setan  9:38 Kata Yohanes kepada Yesus: "Guru, kami lihat seorang yang bukan pengikut kita mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita." 9:39 Tetapi kata Yesus: "Jangan kamu cegah dia! Sebab tidak seorangpun yang telah mengadakan mujizat demi nama-Ku, dapat seketika itu juga mengumpat Aku.9:40 Barangsiapa tidak melawan kita, ia ada di pihak kita. 9:41 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya."  Siapa yang menyesatkan orang  9:42 "Barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia dibuang ke dalam laut. 9:43 Dan j

Sketsa Batin - Perumpamaan Tentang Mutiara Berharga

Sketsa Batin - Seri Perumpamaan Yesus  MUTIARA INDAH  Bacaan Injil : Mat 13:45-46 13:45 Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. 13:46 Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu." Pengantar Perumpamaan :  Kali ini kita akan membahas kelanjutan dari perumpamaan Yesus tentang harta terpendam. Perumpamaan ini membahas tentang Kerajaan Allah, dan sama seperti harta terpendam, mutiara yang berharga ini juga mau menunjukkan hal itu. Walaupun dianggap sebagai kembaran, ada perbedaan juga antara perumpamaan harta terpendam dan mutiara berharga. Perbedaannya, adalah orang itu menemukan harta di ladang, sedangkan pedagang itu mencari mutiara yang indah. Tidak dikatakan juga bahwa pedagang itu bersukacita setelah menemukan mutiara yang indah itu seperti orang yang menemukan harta di ladang. Dalam perumpamaan Yesus, ada seorang pedagang keliling yang me

Jalan Serta Yesus - New normal Orang Kristen

Menjelang awal bulan Juni, kita sering mendengarkan istilah "new normal", dimana masyarakat mulai diperbolehkan untuk beraktifitas seperti biasa, namun dengan tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan saat berada di luar rumah. Pusat - pusat perbelanjaan, dan kawasan industri dan perkantoran mendapatkan kelonggaran untuk menjalankan bisnisnya kembali. Singkat cerita, ada banyak penyesuaian - penyesuaian yang kita lakukan untuk menjalani aktifitas - aktifitas rutin kita secara baru.  Dampak perubahan pun juga merambah ke sisi rohani kita. Saat ini, kita masih terisolasi dirumah kita masing - masing. Dalam masa yang sulit bagi banyak orang ini, kita ditarik oleh Tuhan masuk ke suasana rohani yang baru pula. Sekarang ini, kita mengikuti Ekaristi secara online dan meresapkan Kristus lewat komuni batin. Ada banyak acara - acara rohani yang kita ikuti secara online seperti : pengajaran, pujian - pujian kepada Tuhan , sharing iman menggunakan sarana media sosial. Semua ini dil