Langsung ke konten utama

Lifebook - Nasihat tentang Terapi Anti Narsis Mr.J

Seminggu telah berlalu, dan program terapi Mr.J mendapatkan banyak tanggapan beragam terutama dari anak-anak muda yang biasa kita kenal sebagai generasi "millenial". Sudah merupakan hal lumrah jika anak-anak millenial, gaulnya luar biasa, rajin eksis dan aktif banget.

Terapi Mr.J dimaksudkan supaya semua anak muda mencari keseimbangan hidup ditengah-tengah trend ini dan menemukan oase kerohanian yang kuat. Walaupun harus aktif, walaupun sering eksis, walaupun uptodate banget, muda-mudi kece milik Mr.J tidak menyombongkan diri dan tidak terhanyutkan dengan hal-hal tidak sehat yang merusak.

Bagi anak-anak Millenial, rasa syukur atas keberhasilan yang dicapai bisa dilakukan lewat banyak bentuk. Tak jarang indikator kesuksesan zaman now, ditampilkan di Medsos-medsos terkini, dan biasanya dilihat dari aktifitas traveling yang ditunjukkan. Dapat promosi, dishare, dapat momemt berharga pun dishare.

Nah, kali ini, Mr.J mau menunjukkan sebuah kebiasaan yang berbeda, tanpa mengubah 100% perilaku tersebut. Bisa dikatakan, ada 1 aktifitas kunci yang dimasukkan dalam kegiatan millenial,namun urutan prioritasnya berbeda.

Mr. J : "Hi anak-anak muda yang kece. Sudah ada begitu banyak sesi privat yang berjalan. Aku melihat jatuh bangun kalian untuk datang kepadaKu. Waktu yang kalian berikan kepadaKu, sangat berharga."

Mr. J lalu mengungkapkan kebahagiaanNya akan perjuangan sejumlah anak muda dalam meluangkan waktu pribadi mereka ditengah-tengah kesibukan mereka.

Mr. J : " Untuk semua anak muda pekerja keras, yang walaupun pekerjaan kalian padat banget, kalian meluangkan waktu untuk berdoa kepadaKu sejenak ketika pulang kerja. Sudah ngantuk banget, tetap datang dan berdoa. Damai sejahteraKu mengalir untuk kalian ya"

Mr. J : " Dan buat kalian-kalian yang berjuang ngaedepin berbagai tantangan kalian, Aku beserta kalian. Jika kalian rajin ngobrol dengan-Ku, setiap masalah kalian akan punya solusi-solusi terbaik "

Pesan yang satu ini di like oleh begitu banyak anak muda yang merasakan sukacita, hidupnya disentuh dan diberkati Tuhan.

Mr. J : " Jika kalian rajin mengikuti channel The Church, kemarin sewaktu Misa Kudus, TheChurch membagikan bacaan dari Markus 6 :  30 - 34. Bila kalian perhatikan, disitu ada hal-hal menarik yang terjadi... dan , ini adalah kelanjutan dari terapi yang Aku berikan kepada kalian semua "

Budi : " Hi Mr.J, pengen tahu donk, karena kami kadang bingung juga. Yang kami liat adalah usaha dari para muridMu yang luar biasa dalam mewartakan, lalu capek, lalu istirahat dan ketika nyebrang diperahu, tahu-tahu orang banyak menyusul rombongan Mr.J dan para murid sampai-sampai nggak ada waktu istirahat lagi."

Mr. J : " Wah, kamu sudah menceritakan seluruh alur dari kisah ini dengan cukup baik Budi. Makasih ya..."

Budi : "Oh ya, jadi.. apa pelajaran yang bisa kami tangkap ? "

Mr.J : "Para murid baru saja merayakan keberhasilan mereka.. mereka dengan sangat antusias menceritakan kepadaKu bahwa mereka berhasil dalam pewartaan mereka."

Budi : " Ya benar, terus ? "

Mr.J : " Nah, menurut kalian, apa reaksiKu yang tidak memuji mereka, tetapi malah ngajak istirahat dan menyingkir, membuat mereka sedih atau tidak ? "

Budi : " Iya juga siih.. bener! Klo kita-kita ini mamerin hasil karya kita, rasa syukur kita, dan tidak ditanggepin, malah disuruh tidur kayaknya ada 2 : (maaf ya, Mr.J) yang pertama Mr. J nggak tertarik dengar ocehan mereka. Yang kedua, murid-murid kecewa karena merasa kurang dihargai"

Mr.J : "Nah, kamu benar. Itu reaksi alamiah orang-orang. Tetapi ada satu hal penting yang terkandung di dalam makna : "marilah beristirahat sejenak dan bertolak ke belakang". Penjelasannya, kira-kira seperti ini :

Fun Fact #1 - Perjalanan lewat darat, nyatanya lebih cepat daripada perjalanan lewat danau. Jadi, Aku sengaja memutar supaya ada waktu lebih banyak bagi kami untuk memiliki waktu privat"

Fun Fact #2 - Dengan waktu tersendiri di perahu, tak ada satupun murid yang boleh melakukan aktifitas lain. Mereka wajib bersama-sama denganKu di atas perahu itu"

Fun Fact #3 - Dibalik kata-kata "beristirahat seketika ", "marilah ke tempat yang sunyi" adalah sebuah undangan terselubung supaya mereka Berdoa! supaya mereka juga bersyukur kepada Bapa di Surga.

Nah, Budi dan sobat-sobat muda yang lain. Disamping bersyukur ala millenial yang lagi beken sekarang, dimana semuanya dipamerkan , ada juga satu jenis rasa syukur yang tempatnya HARUS DIDEPAN, dan HARUS DILAKUKAN TERDAHULU, yaitu didalam doamu, bersyukurlah kepada BapaKu yang diSurga, atas segala rahmat yang kalian terima. "

Para murid belajar untuk pertama-tama bersyukur dan berlatih berdoa, sebelum mereka menyatakan segala prestasi mereka. Aku mau, kalian seperti ini.. coba deh lakukan dan liat reaksi apa yang kalian dapatkan dari sana ? #MR.J_Words

Joni : " Baiklahhhhh.. Mr.J sudah membuat sebuah pelajaran baru untuk kita-kita. Boleh sih kita bersyukur dengan ekspresi kekinian kita di medsos, tetapi kita juga harus ingat berterima kasih kepada Tuhan dalam keheningan doa. "

Malam pun tiba, Budi yang menyimak sungguh-sungguh arahan Mr.J malah mendapatkan sebuah reaksi yang unik banget. Dia pun sharing kepada muda-mudi lainnya di kolom komentar posting Mr.J

Budi : "Guys.. something happen!! Baru nyadar banget nih. Para admin, izin sharing donk"

Joni : " Wah, Budi mo share sesuatu ? silahkan "

Budi : " Thank u Jon, Jadi.. ternyata setelah gue pikir-pikir ... ada hal-hal tersembunyi yang luput nih. Kira-kira gini, kalo yang pertama gue dapat rejeki dan gue pamerin ke kalian, feel yang pertama gw dapat biasanya : "ah, kece juga ya gue, bisa lakuin ini dst". Tapiii, ketika gw doa duluan "Thank U Mr.J for Your Grace, yang buat hal ini terjadi" (JENGG), ternyata yang Hebat itu Mr.J, bukan gue... ternyata ini hadiah dari Mr.J, ngapain gw merasa diri kece ? Dan akhirnya gw pun posting sesuatu yang berbeda : "Guys, gw beruntung bisa dapat promosi hari ini, Mr.J berkati dan kabulkan doa-doa gw"

Joni : "Wah luar biasa... bener nih. Jadi ada perbedaan jika itu dilakukan dengan syukur duluan kepada Mr.J sblm ke yang lain "
Mr.J : " Luar biasa! Budi, kamu telah menangkap segala ajaranKu dan menangkap intisari dari trend mention dan trend #TagWithJesus sekaligus. Pengertian ini, membuatmu mendapatkan buah rohani , hasil dari terapiKu yaitu : damai sejahtera, kerendahan hati dan kebahagiaan sejati.. selamat ya"

Dan ini pun menimbulkan kehebohan baru bahwa Budi telah berhasil menjalankan terapi ala Mr.J dengan sukses. Sejak saat itu, ada lebih banyak lagi muda-mudi yang meluangkan waktu berdoa sebelum bersama-sama teman-teman mereka yang lain , bersyukur dan bersukacita di medsos mereka.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sketsa Nurani - Ilustrasi Kasih : Pohon Kehidupan

1 Yohanes 4:16. Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia. Darimanakah datangnya semua kebaikan itu ? Apa sih sifat utama dan pertama yang paling kuat diantara semua kebaikan. Jawabannya adalah Cinta Kasih . Ya, Cinta Kasih ini adalah salah satu ajaran dan bentuk penghayatan paling menonjol dan kental dari Gereja Katolik. Gereja Katolik dalam semangat kasih itu, mampu menjadi tempat perlindungan bagi orang miskin, telanjang, melarat, tak punya tempat tinggal, tak punya makanan yang cukup dan yang sakit. Secara mendunia, perhatian dimulai dari seorang individu sampai permasalahan sebuah bangsa dan negara yang berdaulat. Semuanya dilihat dari sudut pandang Cinta Kasih. Demikianlah, mengapa kasih bisa begitu indah ? karena Allah adalah Kasih . Didalam dan melalui Allahlah, manusia bisa peduli kepada sesama dan memiliki kekuatan untuk b

Pengenalan Kitab Suci - Iman bapa bangsa Israel (Bagian 1)

Pengenalan Kitab Suci - Iman Bapa Bangsa Israel (Bagian 1)  Abraham , Bapa Orang Beriman Pengantar Sejarah keselamatan umat manusia tidak lepas dari sejarah bangsa Israel, dimana Allah sendiri yang membentuk bangsa ini, dimulai dari satu orang yaitu Abraham. Kisah tentang pembentukan leluhur bangsa Israel bisa kita lihat dari Kejadian 12 - 50.  Pada bagian ini, kita sama - sama mau belajar dari iman para bapa bangsa Israel yaitu Abraham, Ishak, Yakub yang mencakup bagian ke - 2 dari kitab Kejadian. Tulisan - tulisan ini akan dibagi menjadi 3 bagian yaitu Iman Abraham (Bagian 1), Iman Yakub (Bagian 2) dan Iman Yusuf  (Bagian 3) yang berakhir ketika keluarga Israel menetap di Mesir. Bagian pertama ini, kita mau sama - sama belajar melihat proses jatuh bangun yang dialami oleh Abraham dan pertumbuhan imannya sehingga dia dan keturunannya mendapatkan berkat dari Tuhan.  Kisah Abraham, bapa para bangsa (Kej 12:1 - Kej 25:11) 1. Abram dipanggil Allah  Abram berasal dari Ur-kasdim, mengalami

Sletsa Iman - Tentang Kesesatan

Sketsa Iman, 30 September 2018 Bacaan 1 : Bil 11:25-29 Bacaan 2 : Yak 5:1-6 Bacaan Injil : Mrk 9:38-43,45,47-48 Ulasan Kitab Suci :  Seorang yang bukan murid Yesus mengusir setan  9:38 Kata Yohanes kepada Yesus: "Guru, kami lihat seorang yang bukan pengikut kita mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita." 9:39 Tetapi kata Yesus: "Jangan kamu cegah dia! Sebab tidak seorangpun yang telah mengadakan mujizat demi nama-Ku, dapat seketika itu juga mengumpat Aku.9:40 Barangsiapa tidak melawan kita, ia ada di pihak kita. 9:41 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya."  Siapa yang menyesatkan orang  9:42 "Barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia dibuang ke dalam laut. 9:43 Dan j

Sketsa Batin - Perumpamaan Tentang Mutiara Berharga

Sketsa Batin - Seri Perumpamaan Yesus  MUTIARA INDAH  Bacaan Injil : Mat 13:45-46 13:45 Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. 13:46 Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu." Pengantar Perumpamaan :  Kali ini kita akan membahas kelanjutan dari perumpamaan Yesus tentang harta terpendam. Perumpamaan ini membahas tentang Kerajaan Allah, dan sama seperti harta terpendam, mutiara yang berharga ini juga mau menunjukkan hal itu. Walaupun dianggap sebagai kembaran, ada perbedaan juga antara perumpamaan harta terpendam dan mutiara berharga. Perbedaannya, adalah orang itu menemukan harta di ladang, sedangkan pedagang itu mencari mutiara yang indah. Tidak dikatakan juga bahwa pedagang itu bersukacita setelah menemukan mutiara yang indah itu seperti orang yang menemukan harta di ladang. Dalam perumpamaan Yesus, ada seorang pedagang keliling yang me

Jalan Serta Yesus - New normal Orang Kristen

Menjelang awal bulan Juni, kita sering mendengarkan istilah "new normal", dimana masyarakat mulai diperbolehkan untuk beraktifitas seperti biasa, namun dengan tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan saat berada di luar rumah. Pusat - pusat perbelanjaan, dan kawasan industri dan perkantoran mendapatkan kelonggaran untuk menjalankan bisnisnya kembali. Singkat cerita, ada banyak penyesuaian - penyesuaian yang kita lakukan untuk menjalani aktifitas - aktifitas rutin kita secara baru.  Dampak perubahan pun juga merambah ke sisi rohani kita. Saat ini, kita masih terisolasi dirumah kita masing - masing. Dalam masa yang sulit bagi banyak orang ini, kita ditarik oleh Tuhan masuk ke suasana rohani yang baru pula. Sekarang ini, kita mengikuti Ekaristi secara online dan meresapkan Kristus lewat komuni batin. Ada banyak acara - acara rohani yang kita ikuti secara online seperti : pengajaran, pujian - pujian kepada Tuhan , sharing iman menggunakan sarana media sosial. Semua ini dil