Langsung ke konten utama

Lifebook - #AMA : Apa yang membuat-Mu bahagia, Mr.J ?



#AMA - Apa yang membuat-Mu bahagia, Mr.J ?

Sehari setelah viralnya pesan #TagWithJesus, Yesus meminta kepada admin-admin mudaNya untuk bersiap-siap menerima serbuan pertanyaan dalam forum AMA (Ask Me Anything) bagi para kawula muda yang haus untuk mendapatkan pembaharuan hidup.

Joni, Tono, Timo, Andreas , 4 sekawan ini sudah siap sedia menanti selaku moderator group yang akan membantu menampung pertanyaan - pertanyaan dan memastikan diskusi berjalan dengan baik.

Sebuah pertanyaan diajukan oleh Lisa, yang kemarin baru saja mulai mencintai kitab suci lagi!

Lisa : Hi Mr.J, thank u buat pesannya lewat Tono kemarin. Sorry lho, kemarin langsung offline group.. abis malu"

Mr.J : Hi Lisa, tahukah kamu ? tak satupun orang-orang yang telah berjumpa denganKu, dapat lari dari kasih-Ku dan hidupnya tidak berubah"

Lisa : ooh.. thank u Mr.J... makin damai aja rasanya hahaha...

Mr.J : OK, ada pertanyaan Lisa ? atau .. teman2 yang lain juga boleh lho ngajuin pertanyaan kalian.
Lisa : Apa yang membuatMu bahagia , Mr. J ? Apa yang Kau harapkan dari kita - kita ini ?"
Mr.J : Wah, ini sih pertanyaan yang pembahasannya bisa panjang sekali... tetapi ada salah satu hal yang sangat singkat, bisa kukatakan. Bacalah Surat cinta-Ku, dan rasakanlah cinta-Ku mengalir dihatimu."
Lisa : Wah, Mr. J gangguin nih, karena tahu gue selama ini malas baca kitab suci...
Mr. J : "Lho, ini serius. Kitab suci berisi harapan kebahagiaan terbesarKu untuk semua manusia. Jika semua manusia selamat dengan Injil yang tertulis disana, maka tak ada yang dapat melukiskan kebahagiaanKu."
Lisa : "Iya juga sih, butuh reformasi total nih!! tapi.. gimana ya caranya ?"

Mr. J : "Hahahaha.. kreatifitas Roh Kudus, nggak ada batasnya koq. TheChurch sedang banyak tuh menerbitkan buku-buku kece anti-digital, buat menjangkau kalian"
Lisa : " Lho, koq anti-digital sih ? Bukannya gaya anak muda itu kudu yang serba teknologi ?"
Mr. J : " Lisa, coba kamu liat deh, seharian, berapa kali kamu buka aplikasi Bible Digital-mu ? berapa kali kamu buka lifebook , atau aplikasi medsos lainnya ?" mana yang lebih sering ?"
Lisa : " Yah, lifebook and yang lain sih , Mr.J"
Mr. J : "Saat teduhmu bisa berjalan dengan baik dan lancar, jika kamu tidak terganggu oleh hal-hal yang lain. Klasik, sesekali juga anti-digital, kadang-kadang lebih baik"
Lisa :" Ok sip deh, jadi yang tadi katanya anti-digital itu sperti apa Mr.J ?"

Mr. J : ... mengirimkan sebuah image buku


Lisa : "Apaan nih , Mr.J ? Sampulnya keren juga... "
Mr.J : " TheChurch telah membuat sebuah kemasan baru untuk Kitab Suci, kamu bisa sebutnya ini kitab suci kawula muda, jaman now banget, namanya BIBEL!!"
Lisa : "Woww... yang menarik sperti apa sih ?"
Mr.J : "Anak - anak smuanya, Aku mengutip bagian pertama pembukaan yang ditulis oleh Super Admin Kece TheChurch, yaitu Paus Fransiskus. Kalian bisa melihat disana, bagaimana cintaKu menguasai hidupnya setiap waktu..."

*Dikutip dari BIBEL - Bagian Pengantar

Kalau kalian ingin melihat Kitab Suci saya, bisa jadi kalian tidak akan sangat terkesan: Apa-inikah Kitab Suci milik Paus? Begitu tua, buku yang sudah lapuk! Kalian mungkin akan menghadiahkan Kitab Suci yang baru, seharga 1000 dollar, namun saya tidak menginginkannya. Saya senang dengan Kitab Suci lama saya, yang telah menemani separuh perjalanan hidup saya. Buku itu telah menyaksikan kegembiraan saya, dan juga saya basahi dengan air mata saya. Dia adalah pasangan yang tak ternilai bagi saya. Saya hidup darinya. Tak ada suatu pun di dunia ini yang bisa menggantikannya.

Coba lihat itu, bagaimana Paus Fransiskus, menjadikan Kitab Suci sebagai bagian terbaik dalam hidupnya.

Bacalah dengan penuh perhatian! Jangan tinggal di permukaan seperti menikmati suatu komik! Sabda Allah jangan pernah dibaca secara sepintas! Bertanyalah : " Apa yang dikatakan hatiku, Berbicaralah Allah keapdaku melalui kata-kata itu? Tersentuhkah aku di kedalaman hatiku? Apa yang mesti aku lakukan ?" Hanya dengan cara seperti itu sabda Allah tertanam. Hanya dengan begitu hidup kita berubah, menjadi semakin berkembang dan baik."

Nah, Aku merasakan kegembiraan besar, saat Aku terlibat didalam hidup kalian, dan salah satu cara Aku berkomunikasi, adalah lewat bacaan cinta yang kalian terima.

Lisa : "Wah, ini benar-benar menyentuh banget.. mau deh dari sekarang.. , hmm ntar,... cari dulu di rak sebelah mana tuh kitab suci. Ntar nanti dibersihin dulu , baru dibaca , Mr.J"
Mr.J : "Bagus Lisa, gitu donk. Kalau tidak, kamu bisa beli koq buku BIBEL itu. Siapa tahu sekarang kamu bisa bawa-bawa buku cintaKu ini dan menjadikannya bacaan favorit harianmu."
Lisa  : " Oh ya, benar juga.. ntar nanti kucari di toko buku dekat parokiku.. Mr.J"

Jono : " Tanpa terasa, topiknya sudah cukup panjang. Hari ini cukup sampai disini dulu, ok nggak Mr.J ? "
Mr.J : " Terima kasih , Jono. Baiklah anak-anak muda sekalian. Thank you, kalian stand by buat ngecek diskusi hari ini." Ayo bergerak, kalian bisa mulai koq dengan berburu lokasi kitab suci kalian yang berdebu, bersihin, dan mulai baca dengan iman dan Roh Kudus!" Selamat bertumbuhh"

Ketika group ditutup, Yesus memutuskan untuk membuat rangkuman kecil diskusi dengan Lisa itu sebagai bagian dari posting terbarunya :

"Hi Guys, check this out. Lisa, bertanya : "Mr.J, apa yang membuatMu bahagia ?"

Kalian tahu, salah satu hal yang sangat membahagiakanKu, adalah melihat kalian meluangkan waktu khusus kalian untuk membaca surat cintaKu. Oh ya, Aku selalu punya surat cinta untuk kalian setiap hari, terselubung, tersembunyi dalam keheningan doa dan permenungan. Lihatlah Mzm 1:2-3, seperti itulah kalian jika rajin membaca surat cintaKu" #Mr.J_Answer, #AMA #TheSaviorJ

1:2 Tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. 1:3 Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya, apa saja yang diperbuatnya berhasil (Mzm 1:2-3)

Ref : 
Pena Rohani menyediakan cara untuk membaca kitab suci untuk mendengarkan suara Tuhan, di link berikuthttps://penarohani.blogspot.com/2018/07/sketsa-iman-teknik-berdoa-dengan-lectio.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sketsa Nurani - Ilustrasi Kasih : Pohon Kehidupan

1 Yohanes 4:16. Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia. Darimanakah datangnya semua kebaikan itu ? Apa sih sifat utama dan pertama yang paling kuat diantara semua kebaikan. Jawabannya adalah Cinta Kasih . Ya, Cinta Kasih ini adalah salah satu ajaran dan bentuk penghayatan paling menonjol dan kental dari Gereja Katolik. Gereja Katolik dalam semangat kasih itu, mampu menjadi tempat perlindungan bagi orang miskin, telanjang, melarat, tak punya tempat tinggal, tak punya makanan yang cukup dan yang sakit. Secara mendunia, perhatian dimulai dari seorang individu sampai permasalahan sebuah bangsa dan negara yang berdaulat. Semuanya dilihat dari sudut pandang Cinta Kasih. Demikianlah, mengapa kasih bisa begitu indah ? karena Allah adalah Kasih . Didalam dan melalui Allahlah, manusia bisa peduli kepada sesama dan memiliki kekuatan untuk b

Pengenalan Kitab Suci - Iman bapa bangsa Israel (Bagian 1)

Pengenalan Kitab Suci - Iman Bapa Bangsa Israel (Bagian 1)  Abraham , Bapa Orang Beriman Pengantar Sejarah keselamatan umat manusia tidak lepas dari sejarah bangsa Israel, dimana Allah sendiri yang membentuk bangsa ini, dimulai dari satu orang yaitu Abraham. Kisah tentang pembentukan leluhur bangsa Israel bisa kita lihat dari Kejadian 12 - 50.  Pada bagian ini, kita sama - sama mau belajar dari iman para bapa bangsa Israel yaitu Abraham, Ishak, Yakub yang mencakup bagian ke - 2 dari kitab Kejadian. Tulisan - tulisan ini akan dibagi menjadi 3 bagian yaitu Iman Abraham (Bagian 1), Iman Yakub (Bagian 2) dan Iman Yusuf  (Bagian 3) yang berakhir ketika keluarga Israel menetap di Mesir. Bagian pertama ini, kita mau sama - sama belajar melihat proses jatuh bangun yang dialami oleh Abraham dan pertumbuhan imannya sehingga dia dan keturunannya mendapatkan berkat dari Tuhan.  Kisah Abraham, bapa para bangsa (Kej 12:1 - Kej 25:11) 1. Abram dipanggil Allah  Abram berasal dari Ur-kasdim, mengalami

Sletsa Iman - Tentang Kesesatan

Sketsa Iman, 30 September 2018 Bacaan 1 : Bil 11:25-29 Bacaan 2 : Yak 5:1-6 Bacaan Injil : Mrk 9:38-43,45,47-48 Ulasan Kitab Suci :  Seorang yang bukan murid Yesus mengusir setan  9:38 Kata Yohanes kepada Yesus: "Guru, kami lihat seorang yang bukan pengikut kita mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita." 9:39 Tetapi kata Yesus: "Jangan kamu cegah dia! Sebab tidak seorangpun yang telah mengadakan mujizat demi nama-Ku, dapat seketika itu juga mengumpat Aku.9:40 Barangsiapa tidak melawan kita, ia ada di pihak kita. 9:41 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya."  Siapa yang menyesatkan orang  9:42 "Barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia dibuang ke dalam laut. 9:43 Dan j

Sketsa Batin - Perumpamaan Tentang Mutiara Berharga

Sketsa Batin - Seri Perumpamaan Yesus  MUTIARA INDAH  Bacaan Injil : Mat 13:45-46 13:45 Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. 13:46 Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu." Pengantar Perumpamaan :  Kali ini kita akan membahas kelanjutan dari perumpamaan Yesus tentang harta terpendam. Perumpamaan ini membahas tentang Kerajaan Allah, dan sama seperti harta terpendam, mutiara yang berharga ini juga mau menunjukkan hal itu. Walaupun dianggap sebagai kembaran, ada perbedaan juga antara perumpamaan harta terpendam dan mutiara berharga. Perbedaannya, adalah orang itu menemukan harta di ladang, sedangkan pedagang itu mencari mutiara yang indah. Tidak dikatakan juga bahwa pedagang itu bersukacita setelah menemukan mutiara yang indah itu seperti orang yang menemukan harta di ladang. Dalam perumpamaan Yesus, ada seorang pedagang keliling yang me

Jalan Serta Yesus - New normal Orang Kristen

Menjelang awal bulan Juni, kita sering mendengarkan istilah "new normal", dimana masyarakat mulai diperbolehkan untuk beraktifitas seperti biasa, namun dengan tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan saat berada di luar rumah. Pusat - pusat perbelanjaan, dan kawasan industri dan perkantoran mendapatkan kelonggaran untuk menjalankan bisnisnya kembali. Singkat cerita, ada banyak penyesuaian - penyesuaian yang kita lakukan untuk menjalani aktifitas - aktifitas rutin kita secara baru.  Dampak perubahan pun juga merambah ke sisi rohani kita. Saat ini, kita masih terisolasi dirumah kita masing - masing. Dalam masa yang sulit bagi banyak orang ini, kita ditarik oleh Tuhan masuk ke suasana rohani yang baru pula. Sekarang ini, kita mengikuti Ekaristi secara online dan meresapkan Kristus lewat komuni batin. Ada banyak acara - acara rohani yang kita ikuti secara online seperti : pengajaran, pujian - pujian kepada Tuhan , sharing iman menggunakan sarana media sosial. Semua ini dil