Sketsa Iman, 7 Juli 2018
Bacaan 1 : Am 9:11-15
Bacaan Injil : Mat 9:9-17
Ulasan Kitab Suci :
Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: "Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-muridMu tidak?" Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa. Tidak seorangpun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang tua, karena jika demikian kain penambal itu akan mencabik baju itu, lalu makin besarlah koyaknya. Begitu pula anggur yang baru tidak diisikan ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian kantong itu akan koyak sehingga anggur itu terbuang dan kantong itupun hancur. Tetapi anggur yang baru disimpan orang dalam kantong yang baru pula, dan dengan demikian terpeliharalah kedua-duanya." (Mat 9:14-17)
Renungan :
Praktik keagamaan, menjadi aktifitas-aktifitas yang kita jalankan karena kita mau mengikuti perintah Tuhan. Dalam bacaan hari ini, terjadi perdebatan tentang hal berpuasa antara Yesus dan murid-muridNya dengan orang-orang Farisi.
Mereka mempermasalahkan karena kelompok Yesus tidak berpuasa padahal sudah dianjurkan. Tetapi Yesus tidak melanggar hukum berpuasa ini, karena Ia menambahkan bobot dan makna dari berpuasa itu sendiri.
Yesus adalah kurban Paskah yang baru, Dia adalah anak domba yang akan dikurbankan dan dalam ilustrasi ini, Dia menggambarkan situasi saat ini adalah situasi pesta pernikahan. Semua orang harus bergembira. Puasa belum diperlukan saat ini.
Barulah nanti, ketika Yesus wafat, kemudian para murid bisa berpuasa. Makna berpuasa itu sendiri mengandung nilai pertobatan, penyesalan, kepasrahan penuh kepada Tuhan. Hal ini menjadi sebuah titik tolak baru.
Nah, ayat selanjutnya Yesus berbicara tentang cara hidup yang baru. Ia menggambarkan dengan penambalan kain dan pengisian anggur di kantong kulit. Kedua ilustrasi ini punya pesan-pesan yang sama : tinggalkan hidup lama!
Praktik baru, kesadaran baru, hidup baru tidak bisa dicampurkan dengan yang lama karena maknanya berbeda jauh. Jadi, semua orang diajak untuk mengikuti jalan baru ini dengan semangat perubahan positif.
Kitapun sekarang, sudah diberikan pondasi baru ini dengan maknanya yang lebih besar. Marilah kita siapkan diri untuk berubah.
Teladan Orang Kudus : B Roger Dickenson
Ketiga martir ini hidup di Inggris dalam masa penganiayaan Gereja oleh Ratu Elizabeth I. “Tuan” Roger Dickenson adalah seorang imam sekulir yang menyamar. Ralph Milner adalah seorang suami dan ayah. Ia bekerja sebagai buruh tani dan dihantar ke dalam Gereja melalui teladan baik para tetangganya. Pada hari ia menyambut Komuni Pertama, ia dijebloskan ke dalam penjara karena ia seorang Katolik. Sipir penjara suka padanya, sebab itu penahanannya di penjara tidaklah terlalu ketat pada mulanya. Selama beberapa tahun ia “dibebaskan bersyarat” untuk mendapatkan suplai makanan dan apapun yang dibutuhkan para tahanan lainnya. Sementara dibebaskan bersyarat, ia merupakan seorang penolong yang banyak membantu “Tuan” Dickenson dan Pater Stanney, seorang Yesuit. Akhirnya, tibalah hari ketika Pater Dickenson pun ditangkap juga. Ia dan Milner dihadapkan ke pengadilan bersama-sama. Pater Dickenson diadili karena kejahatan menjadi seorang imam Katolik. Tuan Milner diadili karena membantu Pater Dickenson melaksanakan karya pelayanannya. Hakim mengarahkan pandangannya ke khalayak ramai dalam ruang pengadilan. Ia memikirkan Ny Milner dan delapan anak pasutri Milner. Ia ingin membebaskan Milner bagaimanapun caranya. “Yang perlu engkau lakukan hanyalah,” demikian katanya, “mengunjungi sebuah gereja Protestan, beberapa menit saja, untuk mengatakan bahwa engkau ada di sana. Maka, aku akan melepaskanmu agar engkau dapat bersama keluargamu.” Tuan Milner dengan tenang dan tegas menolak. Ia dan Pater Dickenson pergi dengan gagah berani menyongsong maut. Hari itu adalah tanggal 7 Juli 1591.
Martir ketiga, Lawrence Humphrey, dihantar masuk ke dalam Gereja oleh Pater Stanney, SJ. Ia tak hendak mengingkari iman yang baru saja dipeluknya. Lawrence baru berusia duapuluh satu tahun ketika ia wafat dimartir
Bacaan 1 : Am 9:11-15
Bacaan Injil : Mat 9:9-17
Ulasan Kitab Suci :
Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: "Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-muridMu tidak?" Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa. Tidak seorangpun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang tua, karena jika demikian kain penambal itu akan mencabik baju itu, lalu makin besarlah koyaknya. Begitu pula anggur yang baru tidak diisikan ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian kantong itu akan koyak sehingga anggur itu terbuang dan kantong itupun hancur. Tetapi anggur yang baru disimpan orang dalam kantong yang baru pula, dan dengan demikian terpeliharalah kedua-duanya." (Mat 9:14-17)
Renungan :
Praktik keagamaan, menjadi aktifitas-aktifitas yang kita jalankan karena kita mau mengikuti perintah Tuhan. Dalam bacaan hari ini, terjadi perdebatan tentang hal berpuasa antara Yesus dan murid-muridNya dengan orang-orang Farisi.
Mereka mempermasalahkan karena kelompok Yesus tidak berpuasa padahal sudah dianjurkan. Tetapi Yesus tidak melanggar hukum berpuasa ini, karena Ia menambahkan bobot dan makna dari berpuasa itu sendiri.
Yesus adalah kurban Paskah yang baru, Dia adalah anak domba yang akan dikurbankan dan dalam ilustrasi ini, Dia menggambarkan situasi saat ini adalah situasi pesta pernikahan. Semua orang harus bergembira. Puasa belum diperlukan saat ini.
Barulah nanti, ketika Yesus wafat, kemudian para murid bisa berpuasa. Makna berpuasa itu sendiri mengandung nilai pertobatan, penyesalan, kepasrahan penuh kepada Tuhan. Hal ini menjadi sebuah titik tolak baru.
Nah, ayat selanjutnya Yesus berbicara tentang cara hidup yang baru. Ia menggambarkan dengan penambalan kain dan pengisian anggur di kantong kulit. Kedua ilustrasi ini punya pesan-pesan yang sama : tinggalkan hidup lama!
Praktik baru, kesadaran baru, hidup baru tidak bisa dicampurkan dengan yang lama karena maknanya berbeda jauh. Jadi, semua orang diajak untuk mengikuti jalan baru ini dengan semangat perubahan positif.
Kitapun sekarang, sudah diberikan pondasi baru ini dengan maknanya yang lebih besar. Marilah kita siapkan diri untuk berubah.
Teladan Orang Kudus : B Roger Dickenson
Ketiga martir ini hidup di Inggris dalam masa penganiayaan Gereja oleh Ratu Elizabeth I. “Tuan” Roger Dickenson adalah seorang imam sekulir yang menyamar. Ralph Milner adalah seorang suami dan ayah. Ia bekerja sebagai buruh tani dan dihantar ke dalam Gereja melalui teladan baik para tetangganya. Pada hari ia menyambut Komuni Pertama, ia dijebloskan ke dalam penjara karena ia seorang Katolik. Sipir penjara suka padanya, sebab itu penahanannya di penjara tidaklah terlalu ketat pada mulanya. Selama beberapa tahun ia “dibebaskan bersyarat” untuk mendapatkan suplai makanan dan apapun yang dibutuhkan para tahanan lainnya. Sementara dibebaskan bersyarat, ia merupakan seorang penolong yang banyak membantu “Tuan” Dickenson dan Pater Stanney, seorang Yesuit. Akhirnya, tibalah hari ketika Pater Dickenson pun ditangkap juga. Ia dan Milner dihadapkan ke pengadilan bersama-sama. Pater Dickenson diadili karena kejahatan menjadi seorang imam Katolik. Tuan Milner diadili karena membantu Pater Dickenson melaksanakan karya pelayanannya. Hakim mengarahkan pandangannya ke khalayak ramai dalam ruang pengadilan. Ia memikirkan Ny Milner dan delapan anak pasutri Milner. Ia ingin membebaskan Milner bagaimanapun caranya. “Yang perlu engkau lakukan hanyalah,” demikian katanya, “mengunjungi sebuah gereja Protestan, beberapa menit saja, untuk mengatakan bahwa engkau ada di sana. Maka, aku akan melepaskanmu agar engkau dapat bersama keluargamu.” Tuan Milner dengan tenang dan tegas menolak. Ia dan Pater Dickenson pergi dengan gagah berani menyongsong maut. Hari itu adalah tanggal 7 Juli 1591.
Martir ketiga, Lawrence Humphrey, dihantar masuk ke dalam Gereja oleh Pater Stanney, SJ. Ia tak hendak mengingkari iman yang baru saja dipeluknya. Lawrence baru berusia duapuluh satu tahun ketika ia wafat dimartir
http://yesaya.indocell.net/id230_b__roger_dickenson.htm
Doa :
Ya Allah, yang Mahakuasa, tuntunlah kami memahami makna berpuasa dan praktik keagamaan kami yang baru sesuai dengan apa yang diajarkan Yesus, PuteraMu. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amin
Doa :
Ya Allah, yang Mahakuasa, tuntunlah kami memahami makna berpuasa dan praktik keagamaan kami yang baru sesuai dengan apa yang diajarkan Yesus, PuteraMu. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amin
Komentar
Posting Komentar