Langsung ke konten utama

Lifebook - Mr. J on the streets

Seorang pengendara motor sedang terhenti di salah satu pinggir jalan kota yang macet. Pengendara ini, namanya Budiman sedang menuju ke kantornya pagi itu. Dia terlambat bangun pagi dan akhirnya harus "bermacet-ria" dengan sejumlah besar orang yang sudah mendahului di jalanan ibukota yang mulai padat. Jam masuk kantor sudah dekat, sangat mepet malahan dan Budiman harus berjibaku dengan kemacetan ini.

Pikirannya mulai menjadi kalut, nafas menjadi tidak teratur. Sambil memicingkan mata melihat ke depan, dia semakin gelisah dan dengan sangat tak sabaran menekan gas motornya untuk secara cekatan mengambil peluang-peluang tipis diantara barisan mobil yang juga berjalan searah. Di kiri dan kanannya juga sudah siap pengendara lain, tak sabaran juga. Banyak yang mengklakson, banyak yang marah-marah tak jelas. Suasana pagi itu keliatannya cukup menegangkan.

Tak disangka, beberapa waktu kemudian, motornya disenggol oleh sebuah mobil yang berbelok terlalu cepat, sehingga plat belakang motornya menjadi miring. Tak ayal, ini membuat Budiman menjadi tak berbudi lagi dan langsung marah - marah dengan kesal. Ia pun menepi sejenak. Pikirannya menjadi kalut, dan ia pun mengeluarkan HPnya. Ia menuliskan sebuah text pesan ke kantor, khususnya ke orang HRD-nya bahwa ia akan telat karena harus memperbaiki motornya itu.

Tak berapa lama di depan, ia menemukan sebuah bengkel dan ia berhenti sejenak. Disitulah ia duduk sejenak, dan merenungkan kondisi pagi itu. Kenapa sampai pagi-pagi benar, ia sudah tidak sabaran, padahal itu hari pertama masuk kerja di minggu itu dan ini jelas akan mempengaruhi moodnya hari itu.

 "Upss... pantesan! Tadi pagi lupa berdoa... gara2 buru-buru.."pikirnya. Biasanya sebelum berangkat kerja, Budiman meluangkan waktu untuk berdoa dan membaca kitab suci, barang setengah jam saja. Ia bangun lebih pagi, dan mempergunakan waktu khusus itu untuk Tuhan. Salah satu renungan yang sangat disukainya adalah Sketsa Iman dari blog PenaRohaniKatolik. Karena antrian cukup panjang di bengkel itu, ia pun membuka bacaan hari ini, yaitu dari Luk 17:1-6.

Ktika ia membaca tentang pernyataan Mr.J, untuk memaafkan orang yang bersalah, hatinya tersentuh karena ia baru saja marah-marah dijalanan. Matanya segera mengarah ke motornya dan melihat platnya yang bengkok. Hatinya masih panas, namun ia segera menuju ke bacaan hari itu.

Tak berapa lama, sebuah pesan masuk di akun Lifebooknya. Pesan dari Mr.J langsung.... betapa ia terkejut bukan main. "Ahh, apa ini ? koq ada pesan dari Mr.J langsung, tumben-tumben"

Mr. J : "Hai Budiman, selamat pagii"

Budiman : "Err, Mr. J ya ? Selamat pagi. Ada  apa ya ?"

Mr. J : " Hmm, Aku kebetulan sedang membuka lifemaps, dan Aku sedang memantau kondisi ibukota yang sedang semrawut.Well, hari ini memang beda dari biasanya, karena lebih macettt..."

Budiman : "Yup yup betul, entahh ada apa Mr. J, tapi ini memang ngeseliin banget. Truss, koq Mr. J bisa nyapa gue ? Tumbeen banget..."

Mr. J : "Ah biasa aja koq. Aku senantiasa ngeliat, ngejaga dan membimbing semua orang yang beriman kepadaKu  setiap waktu. Hari ini ada 2 kebetulan koq terkait denganmu. "

Budiman : "Oh yaa ? apa tuh ?"

Mr. J : "Pertama, karena kemacetan ini yang tidak biasa.. (lebih macet dari biasanya), hatiKu tergerak untuk memberikan semangat, berkat dan perlindungan buat semua pengendara yang Aku sayangi diluar sana..."

Mr. J : "Kedua, Aku khawtir karena pagi ini, kamu tidak berdoa... dan sangat terburu - buru berangkat. Ini khususnya sangat menantang buatmu. "

Budiman terharu, dan ia mulai menyadari, bahwa Tuhan dekat dengannya walaupun ia lalai mendekat kepada Tuhan.

Budiman : "Mr. J, gue nggak pantes deh dapat perhatian ini.... kan gue yang salah ini semua.."

Mr. J : " Ah, justru karena itu Aku harus ngasih perhatian khusus untukmu. Ada banyak juga pengendara lain yang kondisi hatinya sama... Aku mau hadir buat kalian!"

Budiman : " Hari ini mo meeting, dan aku telat bangun gegara semalem bikin presentasi buat direksi. Motorku sekarang rusak gini, trus yah gimana.. sepanjang hari nanti akan jelek donk"

Mr. J :  " Janganlah kuatir akan hari ini. Aku mau memberikan kabar baik. Kita akan jalan bareng hari ini, dan Aku akan ngedukung semuaa aktifitasmu hari ini. Tenang aja, bossmu dikantor ngerti koq. Dia udah notify semua pihak yang penting dan mereka menunggumu"

Budiman semakin terharu dan mengucap syukur.

Budiman : " Ah, jadi apa yang harus kulakukaan ? "

Mr. J : "Kalau sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, kamu dapat berkata kepada pohon ara ini: Terbantunlah engkau dan tertanamlah di dalam laut, dan ia akan taat kepadamu. (Luk 17:6)"

Budiman : " Woooow!!! iyaa. OK Mr. J, tambahkanlah imanku ini supaya bisa ngehadapin semuanya dengan baik "

Mr. J : "Goood... ini sekarang simple tips. Kamu luangkan waktu dijalan dengan berseru kepadaKu, setiap kali keadaan jadi jelek. Tarik napas... sebut Yeee... dan buang napas, lalu sebut ... Suuuus". Dengan begitu, napas kamu akan lebih teratur. Orang marah-marah itu, jantungnya berdetak tidak teratur. Kamu akan bisa survive dengan kemacetan ini"

Budiman : "Siap2 Mr. J, akan gue lakukan yang terbaik"

Tidak berapa lama kemudian, tibalah giliran motor Budiman dan segera dipasang baut yang lepas dan motornya bisa jalan lagi. Budiman pun bisa berangkat ke kantor, dan walaupun terlambat hampir sejam, direksi tidak marah kepadanya. Malahan atas kerja keras Budiman mempersiapkan presentasinya dengan baik akhirnya bisa membuahkan hasil yang besar.

Hari itu ternyata adalah hari yang penuh berkat buatnya. Karena presentasinya yang baik, ia pun bisa mendapatkan promosi kerja yang lebih baik dan ia mendapatkan tingkat kepercayaan baru dari bossnya sendiri. Sungguh, apa yang tadinya dipikirkannya sebagai hari yang bakalan buruk malah berkembang menjadi hari yang sangat baik.

Sore itu, sepulang kerja , Budiman membuka akun Lifebooknya lagi dan tersenyum lebih lebar. Ia membaca cerita banyak pengendara-pengendara lain yang disapa oleh Mr.J dijalan. Sebuah fenomena yang menyejukkan terjadi walau hanya sesaat, terutama ketika kemacetan berlangsung dimana orang-orang mempunyai hati yang terarah kepada Tuhan, walalupun kemacetan itu menguras tenaga, hati dan pikiran.


Tuhan senantiasa memberikan kepada kita berbagai peneguhan dalam segala aktifitas kita, baik yang biasa saja, menantang maupun yang baik. Ia tidak pernah meninggalkan kita, malah sebaliknya, Ia akan selalu memberkati kita dalam kondisi kita apapun yang terjadi. Mari tetap beriman kepadaNya, senantiasa.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sketsa Nurani - Ilustrasi Kasih : Pohon Kehidupan

1 Yohanes 4:16. Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia. Darimanakah datangnya semua kebaikan itu ? Apa sih sifat utama dan pertama yang paling kuat diantara semua kebaikan. Jawabannya adalah Cinta Kasih . Ya, Cinta Kasih ini adalah salah satu ajaran dan bentuk penghayatan paling menonjol dan kental dari Gereja Katolik. Gereja Katolik dalam semangat kasih itu, mampu menjadi tempat perlindungan bagi orang miskin, telanjang, melarat, tak punya tempat tinggal, tak punya makanan yang cukup dan yang sakit. Secara mendunia, perhatian dimulai dari seorang individu sampai permasalahan sebuah bangsa dan negara yang berdaulat. Semuanya dilihat dari sudut pandang Cinta Kasih. Demikianlah, mengapa kasih bisa begitu indah ? karena Allah adalah Kasih . Didalam dan melalui Allahlah, manusia bisa peduli kepada sesama dan memiliki kekuatan untuk b

Pengenalan Kitab Suci - Iman bapa bangsa Israel (Bagian 1)

Pengenalan Kitab Suci - Iman Bapa Bangsa Israel (Bagian 1)  Abraham , Bapa Orang Beriman Pengantar Sejarah keselamatan umat manusia tidak lepas dari sejarah bangsa Israel, dimana Allah sendiri yang membentuk bangsa ini, dimulai dari satu orang yaitu Abraham. Kisah tentang pembentukan leluhur bangsa Israel bisa kita lihat dari Kejadian 12 - 50.  Pada bagian ini, kita sama - sama mau belajar dari iman para bapa bangsa Israel yaitu Abraham, Ishak, Yakub yang mencakup bagian ke - 2 dari kitab Kejadian. Tulisan - tulisan ini akan dibagi menjadi 3 bagian yaitu Iman Abraham (Bagian 1), Iman Yakub (Bagian 2) dan Iman Yusuf  (Bagian 3) yang berakhir ketika keluarga Israel menetap di Mesir. Bagian pertama ini, kita mau sama - sama belajar melihat proses jatuh bangun yang dialami oleh Abraham dan pertumbuhan imannya sehingga dia dan keturunannya mendapatkan berkat dari Tuhan.  Kisah Abraham, bapa para bangsa (Kej 12:1 - Kej 25:11) 1. Abram dipanggil Allah  Abram berasal dari Ur-kasdim, mengalami

Sletsa Iman - Tentang Kesesatan

Sketsa Iman, 30 September 2018 Bacaan 1 : Bil 11:25-29 Bacaan 2 : Yak 5:1-6 Bacaan Injil : Mrk 9:38-43,45,47-48 Ulasan Kitab Suci :  Seorang yang bukan murid Yesus mengusir setan  9:38 Kata Yohanes kepada Yesus: "Guru, kami lihat seorang yang bukan pengikut kita mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita." 9:39 Tetapi kata Yesus: "Jangan kamu cegah dia! Sebab tidak seorangpun yang telah mengadakan mujizat demi nama-Ku, dapat seketika itu juga mengumpat Aku.9:40 Barangsiapa tidak melawan kita, ia ada di pihak kita. 9:41 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya."  Siapa yang menyesatkan orang  9:42 "Barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia dibuang ke dalam laut. 9:43 Dan j

Sketsa Batin - Perumpamaan Tentang Mutiara Berharga

Sketsa Batin - Seri Perumpamaan Yesus  MUTIARA INDAH  Bacaan Injil : Mat 13:45-46 13:45 Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. 13:46 Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu." Pengantar Perumpamaan :  Kali ini kita akan membahas kelanjutan dari perumpamaan Yesus tentang harta terpendam. Perumpamaan ini membahas tentang Kerajaan Allah, dan sama seperti harta terpendam, mutiara yang berharga ini juga mau menunjukkan hal itu. Walaupun dianggap sebagai kembaran, ada perbedaan juga antara perumpamaan harta terpendam dan mutiara berharga. Perbedaannya, adalah orang itu menemukan harta di ladang, sedangkan pedagang itu mencari mutiara yang indah. Tidak dikatakan juga bahwa pedagang itu bersukacita setelah menemukan mutiara yang indah itu seperti orang yang menemukan harta di ladang. Dalam perumpamaan Yesus, ada seorang pedagang keliling yang me

Jalan Serta Yesus - New normal Orang Kristen

Menjelang awal bulan Juni, kita sering mendengarkan istilah "new normal", dimana masyarakat mulai diperbolehkan untuk beraktifitas seperti biasa, namun dengan tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan saat berada di luar rumah. Pusat - pusat perbelanjaan, dan kawasan industri dan perkantoran mendapatkan kelonggaran untuk menjalankan bisnisnya kembali. Singkat cerita, ada banyak penyesuaian - penyesuaian yang kita lakukan untuk menjalani aktifitas - aktifitas rutin kita secara baru.  Dampak perubahan pun juga merambah ke sisi rohani kita. Saat ini, kita masih terisolasi dirumah kita masing - masing. Dalam masa yang sulit bagi banyak orang ini, kita ditarik oleh Tuhan masuk ke suasana rohani yang baru pula. Sekarang ini, kita mengikuti Ekaristi secara online dan meresapkan Kristus lewat komuni batin. Ada banyak acara - acara rohani yang kita ikuti secara online seperti : pengajaran, pujian - pujian kepada Tuhan , sharing iman menggunakan sarana media sosial. Semua ini dil