Langsung ke konten utama

Sketsa Nurani - Jika Allah penuh kasih, mengapa orang menderita ?

Kali ini saya mau membagikan pemahaman yang saya dapatkan tentang penderitaan dan kemalangan yang di alami manusia dan bagaimana saya bisa mendapatkan sebuah pola pikir yang lebih baik tentang ini. Apakah Tuhan membiarkan kecacatan, penderitaan dan ketidaksempurnaan itu begitu saja, sementara itu memberikan berkat - berkat yang melimpah buat sebagian besar orang lain ? Di manakah kasih dan keadilan Tuhan ?

Saya mulai dengan sebuah keyakinan berikut, yaitu... "Semua Ciptaan Allah Baik adanya"

Yup, anda tidak salah membacanya. Marilah kita melihat dalam kitab suci, terutama kisah penciptaan dunia yang ada di Kejadian 1 yaitu Allah menciptakan bumi dan segala isinya, dan Ia memandang semuanyai itu baik adanya. Khusus manusia, sedikit berbeda. Allah tidak menciptakan manusia dengan "berfirman", tetapi disitu tertulis, "Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambarNya, menurut gambar Allah diciptakanNya dia; laki-laki dan perempuan diciptakanNya mereka."(Kis 1 : 27).  Lalu tidak lupa, Allah memberkati manusia dan berfirman kepada manusia untuk beranak cucu, bertambah banyak dan berkuasa atas ikan-ikan di laut, burung-burng di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi." (Kis 1 : 28). Dan pada ayat yang ke 31, tertulis bahwa Allah melihat segala yang dijadikanNya itu, sungguh amat baik.

Demikianlah, manusia diciptakan menurut Gambar Allah, mendapatkan berkat, dan Allah sendiri mengatakan manusia yang diciptakan sungguh amat baik. Dari sini kita menjadi sadar akan martabat manusia itu luhur, dan juga Allah menciptakan manusia, tidak asal menciptakan, tetapi Allah menciptakan kita untuk tugas dan tujuan yang mulia.

Lalu , saya mulai merenungkan lagi.. ok, manusia secitra dengan Allah, lalu bagaimana bisa manusia memiliki gambaran yang tidak sempurna ? ... saya merasa kita semua bisa menebak jawabannya adalah karena pengaruh dosa.

Dosa memasuki dunia, dan konsekuensinya, manusia akan mati. Dalam konteks awal ini, kematian manusia menandakan berakhirnya hubungan manusia dengan Allah. Manusia terputus dari Allah dan dengan demikian semakin rapuh, rusak dan hancur. Keberadaan dosa ini mengakibatkan ternodanya seluruh kehidupan yang menyertainya.

Hewan-hewan dan tumbuh-tumbuhan ikut rusak. Alam juga menjadi kurang bersahabat dengan manusia. Manusia sendiri makin hari makin jauh dari Tuhan. Usia manusia makin pendek, mulai terjadi pertikaian seperti pembunuhan Habel oleh Kain, lalu mulai terdapat intrik-intrik pemberontakan hingga terjadinya kemusnahan manusia beberapa kali.

Nah... inilah yang menyebabkan ketidaksempurnaan itu menjadi kenyataan. Segala macam bentuk kombinasi ketidaksempurnaan itu diantaranya : kehidupan penuh derita, lahir dengan kondisi cacat, terluka, sakit, meninggal muda, dan berbagai macam bentuk kemalangan bisa terjadi.

Marilah kita melihat bahwa Allah tidak menciptakan dosa. Kemalangan ini, bukanlah karya Allah. Kemalangan dan penderitaan ini adalah efek dari dosa. Kita juga tahu bahwa sampai sekarang, bahkan setelah Yesus datang ke dunia, wafat dan bangkit untuk penebusan diri kita, dosa masih tetap ada.

Lalu kesempurnaan itu adanya dimana dan kapan ? Jawabannya adalah kesempurnaan itu kita baru dapatkan dan rasakan saat kita berada di Surga bersama dengan Allah. Semua manusia akan mati, tetapi sekarang boleh ditambahkan disana "kehidupan kekal" dan "kebangkitan badan". Kita dapat melihat hal ini, yaitu tubuh surgawi kita dari teladan Yesus sendiri.

Yesus yang telah bangkit, memiliki tubuh surgawi yang berbeda. Dia bisa makan dan minum, seperti yang ditunjukkannya kepada para muridNya ketika Ia makan sepotong ikan goreng (Luk 24:41-43). Dia juga dapat masuk ke dalam ruangan yang terkunci rapat dan memberikan salam damai. (Yoh 20:26). Gambaran kesempurnaan inilah yang dijanjikan oleh Yesus.

Mudah-mudahan penjelasan singkat ini, dapat dimengerti dengan mudah. Selanjutnya, saya melangkah lebih jauh untuk mengetahui, bagaimana Allah mengelola kebaikan dan berkat melalui penderitaan, kemalangan yang dialami oleh manusia.

Yang saya temukan, terdapat beberapa  macam bentuk pandangan yang dapat kita lihat terkait dengan penderitaan itu sendiri :

1. Memandang penderitaan sebagai bentuk teladan dan kesaksian hidup

Saya percaya, bahwa semua manusia diberikan kemampuan oleh Tuhan untuk beradaptasi dengan baik sesuai kondisinya masing - masing. Pernahkan anda mendengar tentang Nick Vujicic? Seorang yang terlahir tidak punya tangan, dan kaki. Ia mengalami penderitaan fisik dan sempat ingin bunuh diri. Ia menolak untuk mundur dan menyerah. Ia bangkit, menemukan identitas dirinya yang terbaik dan sekarang ia bisa berkeluarga dan ia sendiri menjadi motivator kelas dunia yang memberikan banyak berkat kepada orang lain.

Para santo dan santa mengorbankan dirinya dan bersaksi bagi dunia untuk iman dan perbuatan mereka dalam membela kebenaran, ditunjukkan dalam tingkat yang tertinggi yaitu kemartiran. Mereka menderita sedemikian rupa dan memberikan dirinya kepada sesama. Kemartiran adalah bentuk penderitaan, tapi itu juga adalah puncak pengorbanan tertinggi seseorang untuk Tuhan dan sesama, mengikuti teladan Yesus yang wafat di Salib.

2. Memandang penderitaan sebagai salib

Yesus berkata, setiap orang yang mau mengikut Aku, Ia harus memikul salibNya. Pernyataan ini paling sering disebutkan orang - orang yang tanpa berbuat dosa, mengalami penderitaan hidup. Mereka bilang , sedang tertimpa kemalangan dan pencobaan hidup. Salib pada dasarnya adalah sebuah hukuman bagi para penjahat, yang oleh Kristus diubah menjadi tanda kemenangan sejati.

Jika kita mengalami bahwa penderitaan dalam hidup kita adalah salib, kita juga harus melihat sisi positifnya yaitu pelajaran apa yang bisa kita petik dari salib ini. Misalkan, tiba - tiba sesorang bisa kembali menyadari bahwa ia telah sempat menyia-nyiakan hidupnya selama ini. Ketika sembuh, ia mendapatkan sebuah pemahaman kehidupan yang baru. Ia meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang berharga bersama orang-orang yang dicintai. Salib akan membuat seseorang menang, bersukacita, kuat dan diperbaharui.

3. Memandang penderitaan sebagai bentuk mati raga dan silih

Ada beberapa orang yang memilih untuk melakukan kemiskinan sukarela. Kita bisa melihatnya dalam diri para biarawan-biarawati yang memilih melepaskan diri dari kenikmatan duniawai. Mereka telah menyerahkan diri kepada Kristus dengan kaul kemiskinannya seperti tertulis : "Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya"" (Gal 5:24).  Kita juga sama, melakukan praktik pantang dan puasa. Kita berjuang untuk melemahkan kedagingan. Kita juga turut serta merasakan penderitaan orang lain, misalkan , apa rasanya hanya makan sehari sekali dan sebagainya.

Ada orang-orang yang terpanggil untuk melakukan mati raga dan silih ini untuk penghapusan dosa manusia. Tujuannya sangat mulia, supaya memberikan kekuatan bagi orang-orang menghadapi cobaan dan tantangan hidup. Ini dilakukan untuk mempersembahkan Tuhan lewat hati yang bertobat, seperti yang tertulis berikut ini : "Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu, berbaliklah kepada TUHAN, Allahmu, sebab Ia pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia, dan Ia menyesal karena hukumanNya." (Yoel 2:13).

Nah, setelah melihat ketiga hal diatas, kita tentu bisa menyadari bahwa Allah sungguh luar biasa. Meskipun manusia telah jatuh dalam dosa, dan mengalami penurunan kualitas kehidupan,Allah tetap mampu mendatangkan keselamatan dan perbuatan-perbuatan yang ajaib dari semuanya itu. Ia mengajar, membentuk dan menjadikan semuanya indah walaupun terkadang kita tidak selalu mengerti.

Penderitaan itu suatu Misteri

Jika kita berpikir bahwa penderitaan adalah misteri, itu tepat! jika kita berpikir penderitaan adalah berkat yang terselubung, itu juga tepat! Siapa sih yang bisa menyelami kebijaksanaan Allah ? Ayub sendiri yang telah mengalami penderitaan begitu hebat pada akhirnya meminta supaya ia bisa berjumpa dengan Allah. Ia menuntut Allah dan mempertanyakan, kenapa koq ia bisa menderita. Allah berkata bahwa Ayub tidak mengerti pekerjaan Allah yang besar yang harus mengurus seluruh alam semesta. Karena itu, Ayub tidak bisa menghakimi bahwa Allah telah berlaku tidak adil.

Saya juga percaya, tidak ada satupun manusia yang sengaja dibuat mengalami kemalangan oleh Allah. Tidak ada itu yang namanya, ditakdirkan untuk menderita. Kuncinya adalah percaya kepada rancangan Allah yang indah dalam hidup kita. Percaya pada janji keselamatanNya dan tahu bahwa Allah penuh cinta. Jika tidak, kita tak akan menemukan berbagai kisah dan bukti nyata Allah yang menghancurkan kemiskinan, penderitaan, kemalangan. Jika tidak, kita tidak akan mendengar dan mengetahui Yesus berkeliling ke dunia untuk mengobati orang sakit, cacat, memulihkan martabat orang yang berdosa dan tertindas, mengusir roh-roh jahat dan bahkan membangkitkan orang mati. Semuanya begitu luar biasa dan bahkan inilah tanda-tanda kedatangan Kerajaan Allah.

Pada akhirnya, Panggilan untuk melayani dan bergantung pada Tuhan

Di akhir artikel ini, saya mengajak anda untuk menyadari bahwa kita semua diajak oleh Tuhan juga untuk saling memperhatikan penderitaan sesama. Tak jarang kita juga bisa menjadi pihak yang menderita, seperti ketika kita sedang sakit atau mengalami hal yang lain. Namun inilah kesempatan saling berbagi kepedulian. Inilah saatnya kita juga belajar bersaksi bahwa , "hei, ini kemalangan yang saya dapatkan, tapi Allah kita luar biasa..", "Ceritakanlah penderitaan itu dan bagikan kepada orang lain".  Bergantunglah kepada Tuhan dan lihatlah bagaimana Allah membereskan semua masalah-masalah itu. Rasa syukur kita dan sikap bergantung kepadaNya akan makin mudah terwujud!


Saya pernah membayangkan apa jadinya kalau semua kebaikan Allah, "take it for granted!" alias "gratis"  dan jika kita dengan mudah melihat akhir bahagia dari kesulitan kita saat ini. Saya berpikir saya akan malas-malasan, santai saja, dan berpikir, "ah kan akhirnya sukses juga!". Sikap tidak tahu bersyukur dan pastilah pada akhirnya, malah jadinya lebih hancur.

Jika kita mau belajar beriman, kita harus tahan uji. Jika kita mau bersabar, kita harus tahan diomeli, dimarahi dan dihina. Demikianlah hal-hal yang menimpa kita, kurang baik, tapi Allah bisa menjadikan itu baik adanya dengan membimbing kita melewatinya dan menjadikan itu pengalaman yang dapat kita bagikan bagi orang lain.

Bagaimana jika kita sudah terlanjur menderita karena dosa ? Oh jangan khawatir. Bertobatlah dan menyesallah, Allah sanggup menjadikan sesuatu yang baik dari semuanya itu. Dengan kondisi yang terburuk sekalipun, Allah tidak akan kekurangan cara untuk mengobati luka kita dan memberikan keadaan yang baik, walaupun rencana Allah untuk kita tidak seindah sebelumnya, kita tetap dapat yakin akan keselamatan kita!

Berikut adalah ayat favorit saya tentang bagaimana seharusnya dunia ini yang bebas penderitaan diwujudkan:

"Serigala dan anak domba akan bersama-sama makan rumput, singa akan makan jerami seperti lembu dan ular akan hidup dari debu. Tidak ada yang akan berbuat jahat atau yang berlaku busuk di segenap gunungKu yang Kudus, " Firman Tuhan  (Yes 65:25)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sketsa Nurani - Ilustrasi Kasih : Pohon Kehidupan

1 Yohanes 4:16. Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia. Darimanakah datangnya semua kebaikan itu ? Apa sih sifat utama dan pertama yang paling kuat diantara semua kebaikan. Jawabannya adalah Cinta Kasih . Ya, Cinta Kasih ini adalah salah satu ajaran dan bentuk penghayatan paling menonjol dan kental dari Gereja Katolik. Gereja Katolik dalam semangat kasih itu, mampu menjadi tempat perlindungan bagi orang miskin, telanjang, melarat, tak punya tempat tinggal, tak punya makanan yang cukup dan yang sakit. Secara mendunia, perhatian dimulai dari seorang individu sampai permasalahan sebuah bangsa dan negara yang berdaulat. Semuanya dilihat dari sudut pandang Cinta Kasih. Demikianlah, mengapa kasih bisa begitu indah ? karena Allah adalah Kasih . Didalam dan melalui Allahlah, manusia bisa peduli kepada sesama dan memiliki kekuatan untuk b

Pengenalan Kitab Suci - Iman bapa bangsa Israel (Bagian 1)

Pengenalan Kitab Suci - Iman Bapa Bangsa Israel (Bagian 1)  Abraham , Bapa Orang Beriman Pengantar Sejarah keselamatan umat manusia tidak lepas dari sejarah bangsa Israel, dimana Allah sendiri yang membentuk bangsa ini, dimulai dari satu orang yaitu Abraham. Kisah tentang pembentukan leluhur bangsa Israel bisa kita lihat dari Kejadian 12 - 50.  Pada bagian ini, kita sama - sama mau belajar dari iman para bapa bangsa Israel yaitu Abraham, Ishak, Yakub yang mencakup bagian ke - 2 dari kitab Kejadian. Tulisan - tulisan ini akan dibagi menjadi 3 bagian yaitu Iman Abraham (Bagian 1), Iman Yakub (Bagian 2) dan Iman Yusuf  (Bagian 3) yang berakhir ketika keluarga Israel menetap di Mesir. Bagian pertama ini, kita mau sama - sama belajar melihat proses jatuh bangun yang dialami oleh Abraham dan pertumbuhan imannya sehingga dia dan keturunannya mendapatkan berkat dari Tuhan.  Kisah Abraham, bapa para bangsa (Kej 12:1 - Kej 25:11) 1. Abram dipanggil Allah  Abram berasal dari Ur-kasdim, mengalami

Sletsa Iman - Tentang Kesesatan

Sketsa Iman, 30 September 2018 Bacaan 1 : Bil 11:25-29 Bacaan 2 : Yak 5:1-6 Bacaan Injil : Mrk 9:38-43,45,47-48 Ulasan Kitab Suci :  Seorang yang bukan murid Yesus mengusir setan  9:38 Kata Yohanes kepada Yesus: "Guru, kami lihat seorang yang bukan pengikut kita mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita." 9:39 Tetapi kata Yesus: "Jangan kamu cegah dia! Sebab tidak seorangpun yang telah mengadakan mujizat demi nama-Ku, dapat seketika itu juga mengumpat Aku.9:40 Barangsiapa tidak melawan kita, ia ada di pihak kita. 9:41 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya."  Siapa yang menyesatkan orang  9:42 "Barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia dibuang ke dalam laut. 9:43 Dan j

Sketsa Batin - Perumpamaan Tentang Mutiara Berharga

Sketsa Batin - Seri Perumpamaan Yesus  MUTIARA INDAH  Bacaan Injil : Mat 13:45-46 13:45 Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. 13:46 Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu." Pengantar Perumpamaan :  Kali ini kita akan membahas kelanjutan dari perumpamaan Yesus tentang harta terpendam. Perumpamaan ini membahas tentang Kerajaan Allah, dan sama seperti harta terpendam, mutiara yang berharga ini juga mau menunjukkan hal itu. Walaupun dianggap sebagai kembaran, ada perbedaan juga antara perumpamaan harta terpendam dan mutiara berharga. Perbedaannya, adalah orang itu menemukan harta di ladang, sedangkan pedagang itu mencari mutiara yang indah. Tidak dikatakan juga bahwa pedagang itu bersukacita setelah menemukan mutiara yang indah itu seperti orang yang menemukan harta di ladang. Dalam perumpamaan Yesus, ada seorang pedagang keliling yang me

Jalan Serta Yesus - New normal Orang Kristen

Menjelang awal bulan Juni, kita sering mendengarkan istilah "new normal", dimana masyarakat mulai diperbolehkan untuk beraktifitas seperti biasa, namun dengan tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan saat berada di luar rumah. Pusat - pusat perbelanjaan, dan kawasan industri dan perkantoran mendapatkan kelonggaran untuk menjalankan bisnisnya kembali. Singkat cerita, ada banyak penyesuaian - penyesuaian yang kita lakukan untuk menjalani aktifitas - aktifitas rutin kita secara baru.  Dampak perubahan pun juga merambah ke sisi rohani kita. Saat ini, kita masih terisolasi dirumah kita masing - masing. Dalam masa yang sulit bagi banyak orang ini, kita ditarik oleh Tuhan masuk ke suasana rohani yang baru pula. Sekarang ini, kita mengikuti Ekaristi secara online dan meresapkan Kristus lewat komuni batin. Ada banyak acara - acara rohani yang kita ikuti secara online seperti : pengajaran, pujian - pujian kepada Tuhan , sharing iman menggunakan sarana media sosial. Semua ini dil