Langsung ke konten utama

Sketsa Nurani - Jika Allah penuh kasih, mengapa orang menderita ?

Kali ini saya mau membagikan pemahaman yang saya dapatkan tentang penderitaan dan kemalangan yang di alami manusia dan bagaimana saya bisa mendapatkan sebuah pola pikir yang lebih baik tentang ini. Apakah Tuhan membiarkan kecacatan, penderitaan dan ketidaksempurnaan itu begitu saja, sementara itu memberikan berkat - berkat yang melimpah buat sebagian besar orang lain ? Di manakah kasih dan keadilan Tuhan ?

Saya mulai dengan sebuah keyakinan berikut, yaitu... "Semua Ciptaan Allah Baik adanya"

Yup, anda tidak salah membacanya. Marilah kita melihat dalam kitab suci, terutama kisah penciptaan dunia yang ada di Kejadian 1 yaitu Allah menciptakan bumi dan segala isinya, dan Ia memandang semuanyai itu baik adanya. Khusus manusia, sedikit berbeda. Allah tidak menciptakan manusia dengan "berfirman", tetapi disitu tertulis, "Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambarNya, menurut gambar Allah diciptakanNya dia; laki-laki dan perempuan diciptakanNya mereka."(Kis 1 : 27).  Lalu tidak lupa, Allah memberkati manusia dan berfirman kepada manusia untuk beranak cucu, bertambah banyak dan berkuasa atas ikan-ikan di laut, burung-burng di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi." (Kis 1 : 28). Dan pada ayat yang ke 31, tertulis bahwa Allah melihat segala yang dijadikanNya itu, sungguh amat baik.

Demikianlah, manusia diciptakan menurut Gambar Allah, mendapatkan berkat, dan Allah sendiri mengatakan manusia yang diciptakan sungguh amat baik. Dari sini kita menjadi sadar akan martabat manusia itu luhur, dan juga Allah menciptakan manusia, tidak asal menciptakan, tetapi Allah menciptakan kita untuk tugas dan tujuan yang mulia.

Lalu , saya mulai merenungkan lagi.. ok, manusia secitra dengan Allah, lalu bagaimana bisa manusia memiliki gambaran yang tidak sempurna ? ... saya merasa kita semua bisa menebak jawabannya adalah karena pengaruh dosa.

Dosa memasuki dunia, dan konsekuensinya, manusia akan mati. Dalam konteks awal ini, kematian manusia menandakan berakhirnya hubungan manusia dengan Allah. Manusia terputus dari Allah dan dengan demikian semakin rapuh, rusak dan hancur. Keberadaan dosa ini mengakibatkan ternodanya seluruh kehidupan yang menyertainya.

Hewan-hewan dan tumbuh-tumbuhan ikut rusak. Alam juga menjadi kurang bersahabat dengan manusia. Manusia sendiri makin hari makin jauh dari Tuhan. Usia manusia makin pendek, mulai terjadi pertikaian seperti pembunuhan Habel oleh Kain, lalu mulai terdapat intrik-intrik pemberontakan hingga terjadinya kemusnahan manusia beberapa kali.

Nah... inilah yang menyebabkan ketidaksempurnaan itu menjadi kenyataan. Segala macam bentuk kombinasi ketidaksempurnaan itu diantaranya : kehidupan penuh derita, lahir dengan kondisi cacat, terluka, sakit, meninggal muda, dan berbagai macam bentuk kemalangan bisa terjadi.

Marilah kita melihat bahwa Allah tidak menciptakan dosa. Kemalangan ini, bukanlah karya Allah. Kemalangan dan penderitaan ini adalah efek dari dosa. Kita juga tahu bahwa sampai sekarang, bahkan setelah Yesus datang ke dunia, wafat dan bangkit untuk penebusan diri kita, dosa masih tetap ada.

Lalu kesempurnaan itu adanya dimana dan kapan ? Jawabannya adalah kesempurnaan itu kita baru dapatkan dan rasakan saat kita berada di Surga bersama dengan Allah. Semua manusia akan mati, tetapi sekarang boleh ditambahkan disana "kehidupan kekal" dan "kebangkitan badan". Kita dapat melihat hal ini, yaitu tubuh surgawi kita dari teladan Yesus sendiri.

Yesus yang telah bangkit, memiliki tubuh surgawi yang berbeda. Dia bisa makan dan minum, seperti yang ditunjukkannya kepada para muridNya ketika Ia makan sepotong ikan goreng (Luk 24:41-43). Dia juga dapat masuk ke dalam ruangan yang terkunci rapat dan memberikan salam damai. (Yoh 20:26). Gambaran kesempurnaan inilah yang dijanjikan oleh Yesus.

Mudah-mudahan penjelasan singkat ini, dapat dimengerti dengan mudah. Selanjutnya, saya melangkah lebih jauh untuk mengetahui, bagaimana Allah mengelola kebaikan dan berkat melalui penderitaan, kemalangan yang dialami oleh manusia.

Yang saya temukan, terdapat beberapa  macam bentuk pandangan yang dapat kita lihat terkait dengan penderitaan itu sendiri :

1. Memandang penderitaan sebagai bentuk teladan dan kesaksian hidup

Saya percaya, bahwa semua manusia diberikan kemampuan oleh Tuhan untuk beradaptasi dengan baik sesuai kondisinya masing - masing. Pernahkan anda mendengar tentang Nick Vujicic? Seorang yang terlahir tidak punya tangan, dan kaki. Ia mengalami penderitaan fisik dan sempat ingin bunuh diri. Ia menolak untuk mundur dan menyerah. Ia bangkit, menemukan identitas dirinya yang terbaik dan sekarang ia bisa berkeluarga dan ia sendiri menjadi motivator kelas dunia yang memberikan banyak berkat kepada orang lain.

Para santo dan santa mengorbankan dirinya dan bersaksi bagi dunia untuk iman dan perbuatan mereka dalam membela kebenaran, ditunjukkan dalam tingkat yang tertinggi yaitu kemartiran. Mereka menderita sedemikian rupa dan memberikan dirinya kepada sesama. Kemartiran adalah bentuk penderitaan, tapi itu juga adalah puncak pengorbanan tertinggi seseorang untuk Tuhan dan sesama, mengikuti teladan Yesus yang wafat di Salib.

2. Memandang penderitaan sebagai salib

Yesus berkata, setiap orang yang mau mengikut Aku, Ia harus memikul salibNya. Pernyataan ini paling sering disebutkan orang - orang yang tanpa berbuat dosa, mengalami penderitaan hidup. Mereka bilang , sedang tertimpa kemalangan dan pencobaan hidup. Salib pada dasarnya adalah sebuah hukuman bagi para penjahat, yang oleh Kristus diubah menjadi tanda kemenangan sejati.

Jika kita mengalami bahwa penderitaan dalam hidup kita adalah salib, kita juga harus melihat sisi positifnya yaitu pelajaran apa yang bisa kita petik dari salib ini. Misalkan, tiba - tiba sesorang bisa kembali menyadari bahwa ia telah sempat menyia-nyiakan hidupnya selama ini. Ketika sembuh, ia mendapatkan sebuah pemahaman kehidupan yang baru. Ia meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang berharga bersama orang-orang yang dicintai. Salib akan membuat seseorang menang, bersukacita, kuat dan diperbaharui.

3. Memandang penderitaan sebagai bentuk mati raga dan silih

Ada beberapa orang yang memilih untuk melakukan kemiskinan sukarela. Kita bisa melihatnya dalam diri para biarawan-biarawati yang memilih melepaskan diri dari kenikmatan duniawai. Mereka telah menyerahkan diri kepada Kristus dengan kaul kemiskinannya seperti tertulis : "Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya"" (Gal 5:24).  Kita juga sama, melakukan praktik pantang dan puasa. Kita berjuang untuk melemahkan kedagingan. Kita juga turut serta merasakan penderitaan orang lain, misalkan , apa rasanya hanya makan sehari sekali dan sebagainya.

Ada orang-orang yang terpanggil untuk melakukan mati raga dan silih ini untuk penghapusan dosa manusia. Tujuannya sangat mulia, supaya memberikan kekuatan bagi orang-orang menghadapi cobaan dan tantangan hidup. Ini dilakukan untuk mempersembahkan Tuhan lewat hati yang bertobat, seperti yang tertulis berikut ini : "Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu, berbaliklah kepada TUHAN, Allahmu, sebab Ia pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia, dan Ia menyesal karena hukumanNya." (Yoel 2:13).

Nah, setelah melihat ketiga hal diatas, kita tentu bisa menyadari bahwa Allah sungguh luar biasa. Meskipun manusia telah jatuh dalam dosa, dan mengalami penurunan kualitas kehidupan,Allah tetap mampu mendatangkan keselamatan dan perbuatan-perbuatan yang ajaib dari semuanya itu. Ia mengajar, membentuk dan menjadikan semuanya indah walaupun terkadang kita tidak selalu mengerti.

Penderitaan itu suatu Misteri

Jika kita berpikir bahwa penderitaan adalah misteri, itu tepat! jika kita berpikir penderitaan adalah berkat yang terselubung, itu juga tepat! Siapa sih yang bisa menyelami kebijaksanaan Allah ? Ayub sendiri yang telah mengalami penderitaan begitu hebat pada akhirnya meminta supaya ia bisa berjumpa dengan Allah. Ia menuntut Allah dan mempertanyakan, kenapa koq ia bisa menderita. Allah berkata bahwa Ayub tidak mengerti pekerjaan Allah yang besar yang harus mengurus seluruh alam semesta. Karena itu, Ayub tidak bisa menghakimi bahwa Allah telah berlaku tidak adil.

Saya juga percaya, tidak ada satupun manusia yang sengaja dibuat mengalami kemalangan oleh Allah. Tidak ada itu yang namanya, ditakdirkan untuk menderita. Kuncinya adalah percaya kepada rancangan Allah yang indah dalam hidup kita. Percaya pada janji keselamatanNya dan tahu bahwa Allah penuh cinta. Jika tidak, kita tak akan menemukan berbagai kisah dan bukti nyata Allah yang menghancurkan kemiskinan, penderitaan, kemalangan. Jika tidak, kita tidak akan mendengar dan mengetahui Yesus berkeliling ke dunia untuk mengobati orang sakit, cacat, memulihkan martabat orang yang berdosa dan tertindas, mengusir roh-roh jahat dan bahkan membangkitkan orang mati. Semuanya begitu luar biasa dan bahkan inilah tanda-tanda kedatangan Kerajaan Allah.

Pada akhirnya, Panggilan untuk melayani dan bergantung pada Tuhan

Di akhir artikel ini, saya mengajak anda untuk menyadari bahwa kita semua diajak oleh Tuhan juga untuk saling memperhatikan penderitaan sesama. Tak jarang kita juga bisa menjadi pihak yang menderita, seperti ketika kita sedang sakit atau mengalami hal yang lain. Namun inilah kesempatan saling berbagi kepedulian. Inilah saatnya kita juga belajar bersaksi bahwa , "hei, ini kemalangan yang saya dapatkan, tapi Allah kita luar biasa..", "Ceritakanlah penderitaan itu dan bagikan kepada orang lain".  Bergantunglah kepada Tuhan dan lihatlah bagaimana Allah membereskan semua masalah-masalah itu. Rasa syukur kita dan sikap bergantung kepadaNya akan makin mudah terwujud!


Saya pernah membayangkan apa jadinya kalau semua kebaikan Allah, "take it for granted!" alias "gratis"  dan jika kita dengan mudah melihat akhir bahagia dari kesulitan kita saat ini. Saya berpikir saya akan malas-malasan, santai saja, dan berpikir, "ah kan akhirnya sukses juga!". Sikap tidak tahu bersyukur dan pastilah pada akhirnya, malah jadinya lebih hancur.

Jika kita mau belajar beriman, kita harus tahan uji. Jika kita mau bersabar, kita harus tahan diomeli, dimarahi dan dihina. Demikianlah hal-hal yang menimpa kita, kurang baik, tapi Allah bisa menjadikan itu baik adanya dengan membimbing kita melewatinya dan menjadikan itu pengalaman yang dapat kita bagikan bagi orang lain.

Bagaimana jika kita sudah terlanjur menderita karena dosa ? Oh jangan khawatir. Bertobatlah dan menyesallah, Allah sanggup menjadikan sesuatu yang baik dari semuanya itu. Dengan kondisi yang terburuk sekalipun, Allah tidak akan kekurangan cara untuk mengobati luka kita dan memberikan keadaan yang baik, walaupun rencana Allah untuk kita tidak seindah sebelumnya, kita tetap dapat yakin akan keselamatan kita!

Berikut adalah ayat favorit saya tentang bagaimana seharusnya dunia ini yang bebas penderitaan diwujudkan:

"Serigala dan anak domba akan bersama-sama makan rumput, singa akan makan jerami seperti lembu dan ular akan hidup dari debu. Tidak ada yang akan berbuat jahat atau yang berlaku busuk di segenap gunungKu yang Kudus, " Firman Tuhan  (Yes 65:25)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sketsa Iman - Kristus, sang Batu Penjuru

Sketsa Iman, 4 Juni 2018 Bacaan 1 : 2 Ptr 1: 1-7 Bacaan Injil : Mrk 12:1-12 Ulasan Kitab Suci :  12:1 Lalu Yesus mulai berbicara kepada mereka dalam perumpamaan: "Adalah seorang membuka kebun anggur dan menanam pagar sekelilingnya. Ia menggali lobang tempat memeras anggur dan mendirikan menara jaga. Kemudian ia menyewakan kebun itu kepada penggarap-penggarap lalu berangkat ke negeri lain. 12:2 Dan ketika sudah tiba musimnya, ia menyuruh seorang hamba kepada penggarap-penggarap itu untuk menerima sebagian dari hasil kebun itu dari mereka. 12:3 Tetapi mereka menangkap hamba itu dan memukulnya, lalu menyuruhnya pergi dengan tangan hampa. 12:4 Kemudian ia menyuruh pula seorang hamba lain kepada mereka. Orang ini mereka pukul sampai luka kepalanya dan sangat mereka permalukan. 12:5 Lalu ia menyuruh seorang hamba lain lagi, dan orang ini mereka bunuh. Dan banyak lagi yang lain, ada yang mereka pukul dan ada yang mereka bunuh. 12:6 Sekarang tinggal hanya satu orang anaknya ...

Sketsa Nurani - Ilustrasi Kasih : Pohon Kehidupan

1 Yohanes 4:16. Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia. Darimanakah datangnya semua kebaikan itu ? Apa sih sifat utama dan pertama yang paling kuat diantara semua kebaikan. Jawabannya adalah Cinta Kasih . Ya, Cinta Kasih ini adalah salah satu ajaran dan bentuk penghayatan paling menonjol dan kental dari Gereja Katolik. Gereja Katolik dalam semangat kasih itu, mampu menjadi tempat perlindungan bagi orang miskin, telanjang, melarat, tak punya tempat tinggal, tak punya makanan yang cukup dan yang sakit. Secara mendunia, perhatian dimulai dari seorang individu sampai permasalahan sebuah bangsa dan negara yang berdaulat. Semuanya dilihat dari sudut pandang Cinta Kasih. Demikianlah, mengapa kasih bisa begitu indah ? karena Allah adalah Kasih . Didalam dan melalui Allahlah, manusia bisa peduli kepada sesama dan memiliki kekuatan untuk b...

Sketsa Iman - Yesus menyucikan Bait Allah

Sketsa Iman, 9 November 2017 Pesta Pemberkatan Gereja Basilika Lateran Bacaan 1 : 1 Kor. 3:9b-11,16-17 Bacaan 2 : Yoh 2 : 13 - 22 Ulasan Kitab Suci : Ketika hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat, Yesus berangkat ke Yerusalem. Dalam bait Suci didapatiNya pedagang-pedagang lembu, kambing domba dan merpati, dan penukar-penukar uang duduk di situ. Ia membuat cambuk dari tali lalu mengusir mereka semua dari Bait Suci dengan semua kambing domba dan lembu mereka; uang penukar-penukar dihamburkanNya ke tanah dan meja-meja mereka dibalikkanNya. Kepada pedagang-pedagang merpati Ia berkata:"Ambil semuanya ini dari sini, jangan kamu membuat rumah bapaKu menjadi tempat berjualan." Maka teringatlah murid-muridNya, bahwa ada tertulis:"Cinta untuk rumahMu menghanguskan Aku." Orang-orang Yahudi menantang Yesus, katanya:"Tanda apakah dapat Engkau tunjukkan kepada kami, bahwa Engkau berhak bertindak demikian?" Jawab Yesus kepada mereka:"Rombak Bait Alla...

Sketsa Iman - Penguatan dalam masa penantian

Sketsa Iman, 6 April 2018 Bacaan 1 : Kis 4:1-12 Bacaan Injil : Luk 21:1-14 Ulasan Kitab Suci : 21:1 Kemudian Yesus menampakkan diri lagi kepada murid-murid-Nya di pantai danau Tiberias dan Ia menampakkan diri sebagai berikut. 21:2 Di pantai itu berkumpul Simon Petrus, Tomas yang disebut Didimus, Natanael dari Kana yang di Galilea, anak-anak Zebedeus dan dua orang murid-Nya yang lain. 21:3 Kata Simon Petrus kepada mereka: "Aku pergi menangkap ikan." Kata mereka kepadanya: "Kami pergi juga dengan engkau." Mereka berangkat lalu naik ke perahu, tetapi malam itu mereka tidak menangkap apa-apa. 21:4 Ketika hari mulai siang, Yesus berdiri di pantai; akan tetapi murid-murid itu tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus. 21:5 Kata Yesus kepada mereka: "Hai anak-anak, adakah kamu mempunyai lauk-pauk?" Jawab mereka: "Tidak ada." 21:6 Maka kata Yesus kepada mereka: "Tebarkanlah jalamu di sebelah kanan perahu, maka akan kamu peroleh." Lalu mereka men...

Sketsa Batin - Doa Orang Farisi dan Pemungut cukai

Sketsa Batin - Seri Perumpamaan Yesus DOA ORANG FARISI DAN PEMUNGUT CUKAI Bacaan Injil : Luk 18:9-14 18:9 Dan kepada beberapa orang yang menganggap dirinya benar dan memandang rendah semua orang lain, Yesus mengatakan perumpamaan ini: 18:10 "Ada dua orang pergi ke Bait Allah untuk berdoa; yang seorang adalah Farisi dan yang lain pemungut cukai. 18:11 Orang Farisi itu berdiri dan berdoa dalam hatinya begini: Ya Allah, aku mengucap syukur kepada-Mu, karena aku tidak sama seperti semua orang lain, bukan perampok, bukan orang lalim, bukan pezinah dan bukan juga seperti pemungut cukai ini; 18:12 aku berpuasa dua kali seminggu, aku memberikan sepersepuluh dari segala penghasilanku. 18:13 Tetapi pemungut cukai itu berdiri jauh-jauh, bahkan ia tidak berani menengadah ke langit, melainkan ia memukul diri dan berkata: Ya Allah, kasihanilah aku orang berdosa ini. 18:14 Aku berkata kepadamu: Orang ini pulang ke rumahnya sebagai orang yang dibenarkan Allah dan orang lain itu tidak. Seb...