Langsung ke konten utama

Sketsa Nurani - Rekonsiliasi versus Penolakan

Latar belakang, Sebuah Stigma Negatif...

Alkisah suatu hari, terdapat seorang penjahat yang baru saja kedapatan mencuri. Apesnya, dia mencuri disebuah kota yang para penegak hukumnya, punya cara unik menghukum para penjahat. Mereka menyiapkan besi panas berbentuk huruf "P" yang akan ditempelkan didahi orang-orang ini. Hal ini untuk menandai semua penduduk, bahwa ada penjahat-penjahat diantara mereka yang berbuat kejahatan. Selepas dari penjara, penjahat ini dihukum seumur hidup dengan tidak lagi diterima masyarakat dengan label didahinya itu.

Cerita ini saya dapatkan  sewaktu SMP dalam salah satu pelajaran agama. Guru agama saya, mengatakan bahwa "Semua manusia berdosa, dan patut dihukum oleh Allah , namun Allah tidak menghukum manusia setimpal dengan perbuatannya. Ia memberikan kesempatan kepada manusia untuk bertobat dan berubah". Saya berpikir bahwa ini adalah hukuman positif bagi para penjahat. Namun, mengejutkan bahwa guru agama saya berkata lagi, "penolakan itu adalah tindakan yang paling menyakitkan seseorang lebih dari yang lain".

Tulisan berikut ini, merupakan penggalian saya lebih dalam tentang kondisi-kondisi ini.

Marilah kita melihat bersama tentang ciri khas dan kondisi pribadi orang-orang yang terlihat sulit dan tidak benar.

Faktor - faktor penyebab kepribadian yang sulit

Pada dasarnya, hal - hal yang membentuk kepribadian sulit adalah karena pengaruh lingkungan seperti :

1. Faktor kekerasan fisik
Kekerasan fisik dapat menimbulkan rasa takut, dan juga dapat menimbulkan trauma yang mendalam. Tak jarang juga, seseorang bisa bersikap agresif dan pemarah atau menjadi pendiam dan pemalu terhadap orang lain disekelilingnya. Apalagi jika ini terjadi sewaktu kecil, ketika beranjak dewasa, perilaku serupa dapat terjadi.

2. Faktor kekerasan mental
Kata -kata yang kasar, menjatuhkan, seringkali membuat seseorang menjadi grogi, kehilangan semangat hidup, kepercayaan diri dan juga motivasi untuk berkembang. Sikap penolakan terhadap kehadiran seseorang, juga dapat menimbulkan luka batin dan kekhawatiran dalam hidup.

3. Standar yang dipaksakan
Ketika beberapa orang terdekat dalam hidup kita memaksakan kehendaknya dengan menerapkan standar mereka kepada kita. Atau kita yang tidak mengerti bahwa kita harus belajar melihat standar orang lain.

Semua inilah yang menimbulkan luka-luka (fisik dan batin) dalam hidup seseorang. Pasti terdapat suatu hal yang dapat menyebabkan mengapa seseorang bersikap negatif dan tertutup. Ada alasan kenapa seseorang mudah marah, membenci sesamanya atau tanpa sebab tidak menyukai anggota keluarganya.

Siapa saja yang bisa menjadi pribadi yang sulit ? 

Jawabannya, Semua orang bisa menjadi pribadi yang sulit.Tak jarang kita merasa cukup mudah menghakimi orang lain tanpa sadar bahwa kitapun sesekali bisa menjadi pribadi yang sulit ini. Ketika mood kita lagi jelek, kita sedang ditimpa oleh berbagai tantangan hidup, respond kita terhadap orang lain bisa jadi terkesan ketus dan kurang baik. Tak jarang juga, seseorang sebenarnya sedang belajar untuk membangun relasi, namun dengan cara yang kurang baik. Terbiasa melakukan semua hal sesuai dengan standar sendiri, sehingga tanpa sadar membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Bentuk - bentuk penolakan dalam masyarakat

1. Penolakan langsung
Jika kita melihat konteksnya bahwa orang itu adalah seorang penjahat, masyarakat lebih mudah bersikap waspada dan ada justifikasi bahwa dia adalah mantan penjahat, cukup penting berhati-hati.  Kita biasanya mengenal istilah pencekalan seseorang untuk masuk ke suatu komunitas, bahkan kota. Kita juga biasanya mendengarkan aksi-aksi demo dan penandatanganan petisi untuk menolak aksi atau keberadaan seseorang.

Dalam cerita Injil pun, Yesus pernah ditolak oleh masyarakat untuk masuk ke kota mereka, seperti kejadian di Nazareth saat Ia berkotbah dan juga ada banyak orang-orang sakit kusta, cacat yang mengalami penolakan masyarakat. Orang - orang yang menderita ini diberikan tempat khusus yang jauh dipinggiran kota dan hidupnya benar-benar semakin menderita.

2. Penolakan tak langsung 
Namun bagaimana jika orang yang menyakiti atau berbuat kurang baik adalah salah satu dari kenalan kita ? Tanpa bermaksud menghakimi, saya merasa bahwa terkadang tanpa sadar kita belum menyelesaikan rekonsiliasi kita dengan orang itu. Kata-kata seperti "semoga dia tidak menerima hal buruk seperti yang saya alami" atau "saya memaafkan dia, tetapi saya tidak bisa lagi berteman dengannya." Kita bersikap menjauhi dengan menolak untuk berinteraksi dengan orang tertentu, misalkan ketika diajak jalan, kita menolak dengan halus.

Dampak dari sebuah penolakan

Saya pernah membaca sebuah berita tentang seorang yang diputuskan pacarnya tiba-tiba, dia menghentikan mobilnya dan segera meloncat untuk melakukan bunuh diri. Banyak juga orang yang mengalami depresi dan kesulitan dalam menjalankan hidupnya. Ini jika kita melihat dari sisi orang yang merasa ditolak.

Ternyata bagi orang yang menolak pun, dibutuhkan sebuah energi untuk terus - menerus bersikap konsisten. Saya pernah merasakan ini ketika saya melabeli teman-teman yang bandel dan kasar, setiap kali berjumpa dengan mereka, saya selalu menanamkan dalam hati bahwa mereka tidak layak dijadikan teman. Butuh waktu lama buat saya untuk mengubah pola pikir ini, namun lambat laun saya mulai belajar bisa berteman dengan siapa saja.

Bagaimana cara untuk melakukan Penerimaan (Rekonsiliasi)?

1. Melalui Gereja, lewat Sakramen pengakuan dosa

Dalam Injil, Yesus beberapa kali menyatakan kepada orang-orang kusta, "pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada Imam"(Luk 17:11-19) . Imam mewakili pandangan masyarakat pada waktu itu. Jika Imam menyatakan bahwa orang tersebut sudah sembuh, ia dipulihkan secara sosial dan dapat di terima kembali dalam masyarakat.

Demikian juga, dengan Gereja yang tampil mewakili masyarakat yang teraniaya dan ternodai. Seseorang yang bersalah terkadang tidak dapat berjumpa dengan semua orang yang ia sakiti. Ia dimaafkan oleh Tuhan dan Gereja, dan diberikan kekuatan untuk melakukan pertobatan dan perubahan.

2. Berhubungan langsung dengan orang tersebut, dan melakukan rekonsiliasi damai.

Sangat disayangkan jika perselisihan disebabkan karena perbedaan pendapat yang menimbulkan kesalahpahaman. Menunda atau menolak untuk bertemu menyebabkan pertikaian yang berlarut-larut. Gosip, argumen tak sehat bisa terjadi dimana-mana. Kita mencari figur yang sepakat dengan kita tentang orang itu dan mencoba menolak terhadap argumen positif terkait dengan orang itu.

Mungkin jika kita duduk bersama, dan membicarakan dengan orang tersebut, kabut kesalahpahaman dapat dihilangkan. Kita terlebih dahulu mengambil sikap mendengarkan dari sisi orang itu apa yang dia rasakan, sebelum mengungkapkan apa yang kita rasakan. Lalu kita memberikan kesempatan dan kesepakatan bersama untuk berubah.

3. Menggunakan figur seseorang untuk rekonsiliasi.

Dalam retret penyembuhan luka batin, seseorang akan diajak untuk mengaku dosa , membuka hati kepada Tuhan dan membuka pintu maaf. Ada dua pendekatan yang bisa kita lakukan.

- Membayangkan dalam Iman kehadiran Yesus dalam kejadian yang menyakitkan

Menghadirkan Yesus dalam imajinasi iman yang mencintai kita dengan sepenuh hati, bahwa meskipun kita ditolak, kita disakiti, ternyata ada Yesus yang mau tetap mencintai kita. Yesus yang ternyata hadir disitu, menyaksikan semua itu dan tetap memiliki rencana yang indah dalam hidup kita.

- Dengan Figur orang-orang yang berselisih dengan kita

Mendapatkan bantuan sosok figur ayah,ibu, teman atau siapapun dan meminta maaf, lalu dimaafkan akan sangat membantu kita merasa diterima dan menerima. Bahkan tak jarang praktik ini dilakukan dengan mencuci kaki figur tersebut dan gantian, figur itu mencuci kaki kita.

4. Berani bertindak untuk menegur dan menasihati dengan kasih

Berani melakukan tindakan menegur dengan kasih, untuk memberitahukan bahwa ada sifat-sifat dan hal-hal yang kurang baik yang dilakukan orang itu. Terkadang orang yang melakukannya tidak menyadari sikap mereka. Namun jika kita berani untuk menyampaikan dengan baik, setidak-tidaknya akan membantu orang itu untuk menyadari bahwa dia perlu melakukan introspeksi diri.

Namun, kebijaksanaan menilai keadaan juga diperlukan. Melakukannya dengan cinta kasih tidak disertai kata-kata memojokkan dan tajam. Tindakan koreksi bisa dimulai dengan kata-kata yang positif misalkan, "saya tahu kamu mau memberikan solusi yang baik. Alangkah baiknya bila dalam usulanmu..."

5. Tetap konsisten melakukan perbuatan baik untuk menjaga hati

- Pemerintah melakukan tindakan deradikalisasi bagi napi dan orang-orang yang berbuat kejahatan.

Seseorang yang sempat terdoktrin salah untuk melakukan tindak kejahatan diberikan pelatihan, penyuluhan dan keterampilan yang baru untuk membangun diri.

- Pemerintah menjalankan program rehabilitasi bagi mereka yang sakit kecanduan

Seseorang yang menderita, diberikan bantuan untuk pulih dari sakitnya dan diberikan keterampilan untuk hidup baru yang normal kembali.

- Komitmen hati untuk berbuat baik. 

Belum lama ini, ada seorang pribadi yang saya kenal menceritakan pengalamannya dalam hal penerimaan dan penolakan ini.  Dia baru saja mengenal seorang teman baru. Dia mengatakan bahwa teman barunya ini memiliki kepribadian yang menarik dan dia bermaksud untuk menjadi sahabat.  Namun, saat awal berkomunikasi, dia melakukan kesalahan, dengan melibatkan standar dia berhubungan dengan kelompok teman-temannya. Dia mencoba menjadi akrab dan ternyata hal itu tidak membuat teman barunya ini merasa nyaman.

Hubungan lalu menjadi dingin, dan dia menyesali tindakannya. Dia mencoba untuk memperbaiki kembali, sempat bertemu sekali untuk mengungkapkan penyesalannya dan teman itu sepertinya menerima. Namun, seperti yang saya katakan juga sebelumnya, hubungan yang retak diawal, sulit untuk diperbaiki.

Lambat laun, teman saya ini mencoba melakukan pendekatan lagi dengan memberikan perhatian secara positif. Kebiasaannya untuk menyapa dan mendoakan teman-teman digrup kembali diterapkan ke teman barunya ini. Ia mengatakan bahwa ia tidak dapat memikirkan percakapan lain yang baik yang dapat ia jalankan jika respondnya satu arah. Namun ia juga tidak berniat untuk menuntut lagi, jangan-jangan nanti makin menyakiti orang itu.

Yah, lebih jauh lagi, akhirnya suatu waktu teman saya mengetahui bahwa dia diblok untuk percakapan pribadi dengan teman baru ini di Whatsapp, yang merupakan kejadian pertama. Dia sempat merasa sedih dan heran, kenapa bisa mengalami penolakan seperti ini dan mencoba memikirkan apakah dia memiliki hal-hal buruk yang harus diperbaiki ? Dia mencoba untuk membawa perkara hati ini kepada Tuhan sambil berdoa. Ketika bertanya ke sana sini, dia menemukan jawaban dari teman-temannya untuk melupakan saja semuanya ini. Tak perlulah membawa beban paksaan kepada teman baru itu untuk kembali menerima dia dan memberikan kesempatan.

Teman saya memutuskan untuk melakukan sebuah tindakan penerimaan diri. Dia menerima kondisi ini dan tetap mendoakan teman barunya itu supaya hidupnya senantiasa diberkati dengan motivasi yang lebih baik. Yaitu supaya Tuhan memberkati dia, dalam segala hal. Dia tidak menuntut kembali supaya teman baru itu boleh bersahabat kembali dengan dirinya. Yah, mungkin suatu waktu nanti ketika mereka kebetulan ketemu, teman baru ini bisa menerima dia atau setidak-tidaknya perasaannya sudah bisa dinetralkan kembali.


Saya percaya, melakukan tindakan-tindakan positif untuk orang lain, sangat baik. Ada begitu banyak hubungan yang pada akhirnya menggantung. Lazimnya ini juga terjadi pada orang yang mencari pasangan hidup. Ketika sedang melakukan pendekatan atau putus cinta, tak jarang kita kehilangan orang yang kita kasihi. Salah satu langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan berdoa.

Doa mempunyai kekuatan yang sangat besar untuk membantu seseorang keluar dari kesulitan hidup. Ini adalah tindakan nyata melakukan kebaikan tanpa perlu diketahui oleh orang bersangkutan. Hanya Tuhan saja yang mampu mengubah hati, dan dengan berdoa, orang-orang dapat menerima berbagai macam berkat : pertobatan, pemulihan hubungan, kesehatan, perubahan hidup, rejeki  dalam pekerjaan dan pelayanan dan masih banyak lagi yang lain.

Akhirnya, sebuah harapan penuh kedamaian...

Teman - teman yang terkasih. Pada dasarnya Allah menciptakan semua orang baik. Allah tidak menciptakan kejahatan, karena "kejahatan itu adalah ketiadaan kasih Allah". Terus menerus menyimpan amarah, penolakan akan melemahkan kita demikian juga jika kita tenggelam dalam kesedihan karena ditolak, tidak diterima akan membuat kita depresi.

Larilah kepada Tuhan dan carilah Dia dalam segala perkara sulit yang anda alami. Kita semua sungguh dikasihi dan dicintai oleh Allah.

"Satu musuh terlalu banyak, seribu teman masih kurang",  Saya juga percaya, pada dasarnya bahwa penolakan membutuhkan bahan bakar kemarahan,emosi dan pemikiran negatif yang sering dipupuk. Kita terus mengingat-ngingat hal itu dan tidak mau melepaskan sehingga penolakan itu menjadi  konstan. Lawan dari kebencian yang dipupuk adalah cinta kasih yang dipupuk.

Ini memang tak mudah. Terkadang setelah melakukan semuanya itu, orang-orang itu tidak bisa berubah dan tetap menyakitkan hati kita. Bagaimanapun, jika hal itu terjadi kita boleh mengatur reaksi kita terhadap orang lain. Jangan biarkan pandangan orang lain dan penilaian mereka, merusak hidup kita.

Cobalah melihat sisi positif dari orang-orang itu untuk menetralkan rasa benci dalam diri kita. Cobalah membuka pintu maaf dan memberikan kebaikan.

Saya berharap semua yag membaca tulisan ini boleh disentuh oleh Tuhan dan bisa melakukan kebaikan bagi sesama. Semoga semua penolakan,sakit hati yang dirasakan bisa disembuhkan. Semoga kita juga bisa berbagi keceriaan dalam diri orang lain. Marilah kita menyebarkan cinta kasih dalam sesama.


Jagalah dirimu! Jikalau saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia, dan jikalau ia menyesal, ampunilah dia. Bahkan jikalau ia berbuat dosa terhadap engkau tujuh kali sehari dan tujuh kali ia kembali kepadamu dan berkata: Aku menyesal, engkau harus mengampuni dia." Luk 17:4-5

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sketsa Nurani - Ilustrasi Kasih : Pohon Kehidupan

1 Yohanes 4:16. Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia. Darimanakah datangnya semua kebaikan itu ? Apa sih sifat utama dan pertama yang paling kuat diantara semua kebaikan. Jawabannya adalah Cinta Kasih . Ya, Cinta Kasih ini adalah salah satu ajaran dan bentuk penghayatan paling menonjol dan kental dari Gereja Katolik. Gereja Katolik dalam semangat kasih itu, mampu menjadi tempat perlindungan bagi orang miskin, telanjang, melarat, tak punya tempat tinggal, tak punya makanan yang cukup dan yang sakit. Secara mendunia, perhatian dimulai dari seorang individu sampai permasalahan sebuah bangsa dan negara yang berdaulat. Semuanya dilihat dari sudut pandang Cinta Kasih. Demikianlah, mengapa kasih bisa begitu indah ? karena Allah adalah Kasih . Didalam dan melalui Allahlah, manusia bisa peduli kepada sesama dan memiliki kekuatan untuk b

Pengenalan Kitab Suci - Iman bapa bangsa Israel (Bagian 1)

Pengenalan Kitab Suci - Iman Bapa Bangsa Israel (Bagian 1)  Abraham , Bapa Orang Beriman Pengantar Sejarah keselamatan umat manusia tidak lepas dari sejarah bangsa Israel, dimana Allah sendiri yang membentuk bangsa ini, dimulai dari satu orang yaitu Abraham. Kisah tentang pembentukan leluhur bangsa Israel bisa kita lihat dari Kejadian 12 - 50.  Pada bagian ini, kita sama - sama mau belajar dari iman para bapa bangsa Israel yaitu Abraham, Ishak, Yakub yang mencakup bagian ke - 2 dari kitab Kejadian. Tulisan - tulisan ini akan dibagi menjadi 3 bagian yaitu Iman Abraham (Bagian 1), Iman Yakub (Bagian 2) dan Iman Yusuf  (Bagian 3) yang berakhir ketika keluarga Israel menetap di Mesir. Bagian pertama ini, kita mau sama - sama belajar melihat proses jatuh bangun yang dialami oleh Abraham dan pertumbuhan imannya sehingga dia dan keturunannya mendapatkan berkat dari Tuhan.  Kisah Abraham, bapa para bangsa (Kej 12:1 - Kej 25:11) 1. Abram dipanggil Allah  Abram berasal dari Ur-kasdim, mengalami

Sletsa Iman - Tentang Kesesatan

Sketsa Iman, 30 September 2018 Bacaan 1 : Bil 11:25-29 Bacaan 2 : Yak 5:1-6 Bacaan Injil : Mrk 9:38-43,45,47-48 Ulasan Kitab Suci :  Seorang yang bukan murid Yesus mengusir setan  9:38 Kata Yohanes kepada Yesus: "Guru, kami lihat seorang yang bukan pengikut kita mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita." 9:39 Tetapi kata Yesus: "Jangan kamu cegah dia! Sebab tidak seorangpun yang telah mengadakan mujizat demi nama-Ku, dapat seketika itu juga mengumpat Aku.9:40 Barangsiapa tidak melawan kita, ia ada di pihak kita. 9:41 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya."  Siapa yang menyesatkan orang  9:42 "Barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia dibuang ke dalam laut. 9:43 Dan j

Sketsa Batin - Perumpamaan Tentang Mutiara Berharga

Sketsa Batin - Seri Perumpamaan Yesus  MUTIARA INDAH  Bacaan Injil : Mat 13:45-46 13:45 Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. 13:46 Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu." Pengantar Perumpamaan :  Kali ini kita akan membahas kelanjutan dari perumpamaan Yesus tentang harta terpendam. Perumpamaan ini membahas tentang Kerajaan Allah, dan sama seperti harta terpendam, mutiara yang berharga ini juga mau menunjukkan hal itu. Walaupun dianggap sebagai kembaran, ada perbedaan juga antara perumpamaan harta terpendam dan mutiara berharga. Perbedaannya, adalah orang itu menemukan harta di ladang, sedangkan pedagang itu mencari mutiara yang indah. Tidak dikatakan juga bahwa pedagang itu bersukacita setelah menemukan mutiara yang indah itu seperti orang yang menemukan harta di ladang. Dalam perumpamaan Yesus, ada seorang pedagang keliling yang me

Jalan Serta Yesus - New normal Orang Kristen

Menjelang awal bulan Juni, kita sering mendengarkan istilah "new normal", dimana masyarakat mulai diperbolehkan untuk beraktifitas seperti biasa, namun dengan tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan saat berada di luar rumah. Pusat - pusat perbelanjaan, dan kawasan industri dan perkantoran mendapatkan kelonggaran untuk menjalankan bisnisnya kembali. Singkat cerita, ada banyak penyesuaian - penyesuaian yang kita lakukan untuk menjalani aktifitas - aktifitas rutin kita secara baru.  Dampak perubahan pun juga merambah ke sisi rohani kita. Saat ini, kita masih terisolasi dirumah kita masing - masing. Dalam masa yang sulit bagi banyak orang ini, kita ditarik oleh Tuhan masuk ke suasana rohani yang baru pula. Sekarang ini, kita mengikuti Ekaristi secara online dan meresapkan Kristus lewat komuni batin. Ada banyak acara - acara rohani yang kita ikuti secara online seperti : pengajaran, pujian - pujian kepada Tuhan , sharing iman menggunakan sarana media sosial. Semua ini dil